Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Menunda Kehamilan? Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Seks

Kompas.com - 23/09/2016, 12:39 WIB

KOMPAS.com - Menunda kehamilan mungkin menjadi keputusan yang ingin Anda ambil. Biasanya ibu yang baru punya anak ingin menunda dulu untuk punya anak lagi. Namun, bagaimana ya caranya melakukan seks agar tidak hamil? Tentu saja cara yang paling mungkin dilakukan adalah melihat siklus menstruasi dan ovulasi.

Lalu kapan seseorang bisa melakukan seks tanpa hamil? Jika wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 28 hari, Anda bisa aman melakukan seks pada 7 hari sebelum menstruasi serta 7 hari setelah menstruasi.

Secara umum, wanita cenderung berovulasi pada 12 hingga 14 hari sebelum hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Sehingga mereka yang memiliki jadwal menstruasi teratur akan lebih mudah mencari celah melakukan seks tanpa hamil.

Anda juga bisa menghitung sendiri masa subur dan kapan bisa melakukan seks tanpa takut hamil. Cobalah untuk melihat siklus menstruasi selama 6 bulan terakhir. Anda bisa memperkirakan jumlah siklus terpendek dan terpanjang. Dari situ kita bisa melihat kira-kira Anda akan mengalami masa subur di kurun waktu tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa penghitungan ini bukan waktu yang akurat sebab sperma bisa hidup selama 4 hari bahkan lebih di dalam rahim.

Intensitas seks juga perlu diperhatikan jika ingin menunda kehamilan. Anda perlu menjaga agar tidak melakukan seks secara berturut-turut.

Selain itu, melakukan seks selama masa tidak subur bukan jaminan utama Anda tidak akan hamil. Ada masanya Anda bisa mengalami ovulasi dengan sangat cepat. Biasanya ada banyak faktor yang memengaruhi siklus menstruasi seperti faktor hormonal, aktivitas yang dilakukan hingga makanan.

Jadi, jika Anda berencana untuk menunda kehamilan ada baiknya menggunakan perlindungan seperti kondom. Anda juga bisa menggunakan alat KB atau alat kontrasepsi lainnya jika ingin melakukan seks agar tidak hamil.

Namun, Anda juga jangan menjadi takut jika melakukan seks. Seks juga menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga keharmonisan suami istri loh. (Tabloid Nakita/Gisela Niken)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com