Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2016, 12:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Setiap wanita tentu sudah akrab dengan apa yang terjadi saat menstruasi; kram perut, keinginan makan lebih menggebu-gebu sehingga pola makan sehat menjadi seperti sebuah perjuangan maha berat, bahkan ada beberapa wanita yang mengalami nyeri otot.

Kabar baiknya, hanya dengan sedikit penyesuaian kecil dalam pola makan, Anda tak perlu lagi bersusah payah ketika memertahankan diet sehat, yang selama ini terjadi selama seminggu setiap bulannya.

Berikut adalah perubahan kecil yang bisa Anda terapkan untuk meredam naiknya nafsu makan, menyelamatkan lingkar pinggang dan meringankan rasa sakit saat sedang haid.


1. Fokus pada protein rendah lemak dan serat

Fokus pada protein dan serat dapat membantu gula darah Anda tetap stabil. Gula darah yang stabil akan membantu mengimbangi keinginan makan Anda, kata Jaclyn London, M.S., R.D., ahli gizi senior di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Saat keinginan ngemil mencapai puncaknya di waktu sore, cobalah ngemil buah pir dengan satu sendok makan mentega almond, atau sebuah apel dengan sepotong keju.

2. Menyusun strategi makan

Ketika Anda sedang menstruasi, London menyarankan agar Anda mengubah jadwal makan yang tiga kali sehari menjadi lebih sering, namun dalam porsi lebih sedikit setiap kali makan.

"Ini akan membantu mengurangi nafsu makan berlebih Anda dan meringankan kram serta mual yang mungkin terjadi menyertai menstruasi," kata London.

3. Singkirkan kembung dengan makanan dan minuman

Kembung merupakan mimpi buruk bagi banyak wanita. Tingkat kekembungan Anda saat sedang menstruasi, ada hubungannya dengan apa yang Anda makan dan minum. Terutama selama sedang dalam periode menstruasi, Anda harus lebih sering makan dan minum namun dengan cerdas.

"Tidak ada minuman manis sepanjang hari, tidak ada minuman berkarbonasi, karena keduanya akan membuat Anda semakin kembung," kata London.

"Asup makanan rendah garam karena garam bersifat menahan cairan yang juga membuat Anda tambah kembung dan terlihat lebih gemuk."

4. Cukupi kebutuhan zat besi

Mengeluarkan darah berarti kehilangan zat besi. "Saya sering mendengar wanita mengeluh, mereka jadi seperti ngidam makan makanan yang mengandung daging merah seperti hamburger, saat sedang menstruasi. Itu karena daging merah adalah salah satu sumber zat besi. Perasaan ngidam Anda terjadi, karena mungkin Anda kekurangan zat gizi yang satu itu," jelas London.

Penuhi kebutuhan zat besi melalui sumber yang baik seperti daging organik tanpa lemak, aprikot, bit hijau, telur, jagung dan kangkung.

5. Minum kafein

Kafein dapat membantu meringankan rasa lesu yang biasa terjadi saat seorang wanita sedang menstruasi. Memulai hari dengan secangkir kopi pahit, juga merupakan cara yang baik untuk meringankan kram, kata London.

London merekomendasikan Anda minum 300 hingga 400 miligram kafein di pagi hari. Keuntungan lain yang Anda akan dapat dari kopi adalah, kandungan antioksidannya yang berguna untuk mengurangi efek radikal bebas di tubuh Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com