Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengasuh Cucu Bisa Perpanjang Usia Kakek dan Nenek?

Kompas.com - 29/12/2016, 07:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber TIME

KOMPAS.com - Nenek ataupun kakek yang suka merawat cucunya sendiri, tanpa diminta oleh sang anak sekalipun ternyata berdampak positif.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior, kakek atau nenek yang suka mengasuh cucunya rata-rata memiliki usia hidup yang lebih lama.

Para peneliti mengamati kehidupan lebih dari 500 orang berusia 70-103 tahun. Peneliti mengikuti mereka selama hampir 20 tahun lamanya.

Peneliti mengamati kakek-nenek yang masih suka mengasuh cucu mereka, kakek-nenek yang tidak merawat cucunya, serta kakek-nenek yang tidak memiliki anak, tetapi suka merawat atau membantu orang lain yang ada di lingkungan sekitar mereka.

Hasil penelitian menunjukkan, kakek dan nenek yang suka mengasuh cucunya, rata-rata memiliki usia hidup 10 tahun lebih lama. Sedangkan, mereka yang tidak mengasuh cucunya maupun orang lain rata-rata meninggal lima tahun lebih awal.

Sementara itu, mereka yang tidak memiliki cucu, tetapi suka merawat atau menolong orang lain, rata-rata hidup tujuh tahun lebih lama.

Menurut peneliti, hasil studi ini menunjukkan bahwa menolong sesama, tak terbatas hanya cucu sendiri, dapat memperpanjang usia harapan hidup.

Sebelumnya, penelitian lain menemukan kakek-nenek yang mengasuh cucunya berisiko depresi.

Namun, penelitian kali ini menepis hasil penelitian itu. Hanya saja, apabila mengasuh cucu dilakukan penuh waktu, kemungkinan bisa membuat kakek dan nenek malah stres.

Peneliti menilai, kehidupan sosial kakek dan nenek dapat memberikan emosi positif. Dengan keinginan merawat atau untuk tujuan membantu orang lain justru dapat menyingkirkan emosi negatif, seperti stres. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com