Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

KOMPAS.com – Gout atau penyakit asam urat adalah bentuk artritis yang menyakitkan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian.

Melansir WebMD, tubuh manusia memproduksi asam urat setelah memecah zat yang disebut purin, yang ditemukan di banyak makanan.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang sering disarankan dokter untuk dapat membantu Anda mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dimakan.

Ingatlah bahwa meskipun apa yang Anda makan dapat memengaruhi berapa banyak asam urat yang diproduksi tubuh Anda, efeknya kecil dibandingkan dengan pengobatan.

Tidak ada rencana makan khusus yang benar-benar dapat mencegah asam urat kambuh, tetapi diet asam urat yang baik akan membantu:

  • Capai berat badan yang sehat
  • Mempertahankan kebiasaan makan yang baik
  • Membantu mengontrol kadar asam urat

Makanan pantangan asam urat

Jika Anda termasuk rentan terhadap serangan asam urat mendadak, hindari penyebab utamanya, yakni makanan tinggi purin.

Melansir Health Line, makanan tinggi purin adalah makanan yang mengandung lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (100 gram).

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa, serta makanan purin sedang yang mengandung 150-200 mg purin per 3,5 ons.

Makanan terebut dapat pula memicu asam urat kambuh.

Berikut adalah beberapa makanan utama tinggi purin, makanan yang mengandung purin sedang, dan makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

Mengontrol kadar asam urat dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu baik dilakukan untuk menghindari komplikasi asam urat.

Jika asam urat dibiarkan terus tinggi dalam waktu lama, bisa menimbulkan sejumlah masalah berikut:

https://health.kompas.com/read/2020/10/10/163300068/12-makanan-pantangan-asam-urat-yang-perlu-dihindari

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke