Salin Artikel

Nyamuk Penyebab Demam Berdarah Punya Ciri-ciri Berikut

KOMPAS.com – Nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) punya ciri-ciri yang bisa dikenali.

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue.

Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus yang terinfeksi virus dengue dari orang yang menderita DBD.

Di antara dua jenis tersebut, nyamuk Aedes aegypti betina tampaknya menjadi nyamuk yang paling sering membawa virus dengue di Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya mencegah serangan penyakit ini, ciri-ciri nyamuk penyebab demam berdarah kiranya penting untuk dikenali.

Ciri-ciri nyamuk penyebab demam berdarah

Merangkum Buku Ajar Pengendalian Vektor (2020) oleh Ns. Febry Handiny, M.KM, dkk., nyamuk Aedes aegypti betina punya ciri fisik yang khas.

Berikut ini beberapa ciri fisik nyamuk penyebab demam berdarah yang bisa dikenali:

  1. Tubuh nyamuk berwarna hitam kecokelatan
  2. Ukuran tubuhnya sedang mencapai 3 sampai 4 cm
  3. Tubuh dan tungkainya ditutupi sisik dan garis-garis putih keperakan
  4. Di bagian punggung (dorsal) tubuhnya tampak dua garis melengkung vertikal di bagian kiri dan kanan yang menjadi ciri dari spesies ini
  5. Sisik-sisik pada tubuh nyamuk pada umumnya mudah rontok atau terlepas sehingga menyulitkan identifikasi pada nyamuk-nyamuk tua

Ukuran dan warna nyamuk Aedes aegypti kerap berbeda antarpopulasi, tergantung dari kondisi lingkungan dan nutrisi yang diperoleh nyamuk selama perkembangan.

Nyamuk jantan dan betina tidak memiiki perbedaan signifikan dalam hal ukuran.

Di mana, nyamuk jantan pada umumnya lebih kecil daripada nyamuk betina dan terdapat rambut-rambut tebal pada antena nyamuk jantan. Kedua ciri ini dapat diamati dengan mata telanjang.

Peredaran nyamuk DBD

Dalam buku Cara Mudah Mengalahkan Demam Berdarah (2007) karya Dr. Handrawan Nadesul, dijelaskan bahwa nyamuk Aedes aegypti biasanya beredar di tempat tertentu.

Jika nyamuk Aedes albopictus jamak ditemui di kebun atau pekarangan rumah, nyamuk Aedes aegypti lebih suka tinggal di tempat yang sejuk dan lembab.

Salah satu tempat favoritnya adalah hinggap pada pakaian atau barang yang bergelantungan di kamar.

Sedangkan jarak terbang nyamuk Aedes aegypti bisa mencapai 100 meter.

Untuk itu, saat penyemprotan untuk pencegahan penularan DBD, disarankan untuk menjangkau area 100 meter dari lokasi pasien DBD.

Selain tinggal di tempat yang sejuk dan lembab, nyamuk penyebab demam berdarah juga enggan berteur di tempat yang kotor.

Nyamuk Aedes aegypti lebih memilih bertelur di genangan air yang jernih dan tidak mudah terusik untuk bertelur.

Di dalam rumah, nyamuk Aedes aegypti bisa bertelur di bak mandi, tempayan, vas bunga, tempat minum burung, dan perangkap semut.

Sementara di luar rumah, nyamuk penyebab DBD bisa hinggap di drum, tangki penampungan air, kaleng bekas ban bekas, botol pecah, potongan bambu, dan tempurung kepala.

Untuk diwaspadai, nyamuk penyebab demam berdarah lebih sering menggigit atau menghisap darah pada siang hari.

https://health.kompas.com/read/2021/05/24/140200068/nyamuk-penyebab-demam-berdarah-punya-ciri-ciri-berikut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.