Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai

Penyakit ini rentan diderita orang punya riwayat infeksi virus pada hati seperti hepatitis, penyakit liver kronis atau sirosis, sampai fatty liver.

Dilansir dari Yale Medicine, liver atau hati adalah organ paling besar di perut. Tak hanya berukuran besar, organ ini juga punya peranan penting.

Fungsi hati di antaranya membuang limbah, menyaring racun dari darah, menghasilkan empedu, sampai mencerna makanan.

Kanker hati terjadi saat ada pertumbuhan sel abnormal atau tumor di organ hati. Penyakit ini lebih mudah dikendalikan apabila dideteksi sejak stadium awal.

Mengenali gejala kanker hati stadium awal

Kanker hati stadium awal artinya pertumbuhan sel abnormal atau tumor ganas belum menyebar ke luar organ hati.

Biasanya, penderita kerap mengabaikan gejala kanker hati stadium awal karena tandanya mirip penyakit lainnya dan pertumbuhan tumor belum kentara.

Melansir American Cancer Society, tumor hati yang ukurannya masih kecil terkadang tidak terdeteksi pada pemeriksaan fisik karena sebagian besar organ hati berada di balik tulang rusuk sebelah kanan.

Namun, ada beberapa gejala kanker hati stadium awal yang jamak dikeluhkan pengidapnya, antara lain:

  • Berat badan turun tanpa sebab jelas
  • Tidak nafsu makan
  • Kelelahan
  • Kulit menguning
  • Perut bengkak
  • Sakit perut sebelah kanan

Kendati tidak semua gejala kanker hati stadium awal di atas selalu kanker, segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika muncul ciri-ciri di atas.

Terlebih bagi Anda yang berisiko tinggi terkena penyakit kanker hati seperti punya riwayat hepatitis, sirosis, atau fatty liver.

Cara mendeteksi penyakit kanker hati

Orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kanker hati perlu menjalani skrining untuk kanker hati dengan tes darah alfa-fetoprotein (AFP) dan ultrasound (USG) setiap enam bulan sekali.

Sejumlah tumor yang tumbuh ganas di hati terkadang juga memengaruhi organ lain dan menyebabkan perubahan hormon.

Dampaknya, penderita juga bisa mengalami kadar kalsium darah tinggi, kadar gula darah rendah, jumlah sel darah merah melonjak, sampai kolesterol tinggi.

Setelah memeriksa kemungkinan ada gejala kanker hati stadium awal, selain merekomendasikan tes AFP dan USG, dokter biasanya juga melakukan pemeriksaan darah lengkap seperti dijabarkan di atas.

https://health.kompas.com/read/2021/06/21/120100768/6-gejala-kanker-hati-stadium-awal-yang-perlu-diwaspadai

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke