Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Golongan Darah yang Berpotensi Terkena Gangguan Ingatan

KOMPAS.com - Beberapa penelitian telah menunjukkan perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan individu untuk mencegah kehilangan ingatan, seperti menjaga stres dan gula darah tetap rendah, dan tidak merokok.

Namun, dilansir dari Medical News Today, sebuah studi menunjukkan dengan tepat faktor risiko potensial untuk kehilangan ingatan yang dipengaruhi oleh golongan darah seseorang.

Studi ini didukung oleh National Institutes of Health dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan diterbitkan dalam jurnal Neurology.

Jenis darah yang kita miliki tergantung pada ada atau tidaknya protein tertentu – yang disebut antigen – dalam sel darah merah kita dan golongan darah ini diturunkan dari orang tua kita.

Ada empat golongan darah utama: tipe A, tipe B, tipe AB dan tipe O.

Selain itu, jika zat yang disebut faktor Rh muncul di permukaan sel darah merah, seseorang dianggap Rh+ (positif).

Tipe O+ adalah golongan darah yang paling umum, sedangkan AB- adalah yang paling tidak umum.

Namun tidak semua suku bangsa memiliki proporsi golongan darah yang sama.

Misalnya, orang Hispanik memiliki jumlah golongan darah O yang tinggi, sedangkan orang Asia memiliki jumlah golongan darah B yang tinggi.

Menurut penulis studi terbaru ini, yang dipimpin oleh Dr. Mary Cushman dari University of Vermont College of Medicine di Burlington, golongan darah AB hanya ditemukan bahwa orang dengan golongan darah ini memiliki potensi mengalami masalah memori yang menyebabkan demensia sebanyak 82 persen daripada golongan darah lainnya.

Mereka mencatat bahwa orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Kedua penyakit ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko kehilangan memori dan demensia .

Dalam melakukan riset, para peneliti menggunakan data yang disebut Studi REGARDS, yakni singkatan dari REAsons for Geographic And Racial Differences in Stroke.

Sedikitnya penelitian ini diikuti 30.000 orang selama sekitar 3,4 tahun.

Dari mereka yang terlibat dalam penelitian yang tidak memiliki masalah memori di awal, 495 orang di antaranya memiliki masalah terkait dengan memori dan gangguan kognitif.

Para peserta ini kemudian dibandingkan dengan 587 orang yang tidak mengalami kesulitan kognitif.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengalami masalah memori dan gangguan kognitif, 6 persennya merupakan orang dengan golongan darah AB.

Tim juga melihat kadar protein darah yang membantu pembekuan darah, yang disebut faktor VIII, tingkat tinggi yang dikaitkan dengan risiko gangguan kognitif dan demensia yang lebih tinggi.

Mereka yang berada dalam penelitian dengan kadar protein yang lebih tinggi memiliki kemungkinan 24 persen lebih besar untuk mengembangkan masalah memori dan gangguan kognitif selama penelitian dibandingkan mereka yang memiliki kadar lebih rendah.

Peserta dengan golongan darah AB memiliki tingkat faktor VIII yang lebih tinggi daripada orang-orang dari semua golongan darah lainnya.

Meski demikian, para peneliti tetap menekankan bahwa perlu penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki hal ini.

https://health.kompas.com/read/2021/07/25/133100768/golongan-darah-yang-berpotensi-terkena-gangguan-ingatan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke