BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan DKT Indonesia
Salin Artikel

Pentingnya Alat Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan! Yuk, Ketahui Jenis-jenisnya

KOMPAS.com – Perencanaan kehamilan menjadi salah satu topik yang harus didiskusikan oleh pasangan suami istri (pasutri) setelah menikah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Pasalnya, memiliki buah hati tak sekadar mempunyai keturunan semata. Sebagai orangtua, pasutri memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan anak.

Oleh sebab itu, tak sedikit pula pasutri menunda memiliki anak hingga siap untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Apabila Anda dan pasangan memiliki rencana demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui langkah terbaik dalam pencegahan kehamilan.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang harus pasutri perhatikan dalam mencegah kehamilan. Salah satunya adalah penggunaan alat kontrasepsi.

Sebagai informasi, alat kontrasepsi terbagi atas dua jenis, yakni kontrasepsi hormonal dan nonhormonal. Seperti namanya, cara kontrasepsi hormonal melibatkan hormon pada tubuh manusia. Sementara, kontrasepsi nonhormonal tidak melibatkan hormon, tetapi alat bantu.

Untuk mengenal lebih jelas tentang berbagai jenis kedua alat kontrasepsi tersebut, simak ulasan berikut.

Kontrasepsi hormonal

1. Pil KB

Pil keluarga berencana (KB) menjadi salah satu jenis kontrasepsi hormonal yang jamak digunakan perempuan untuk mencegah kehamilan.

Pil KB memiliki kandungan progestin dan estrogen yang dapat menahan ovarium untuk mematangkan sel telur. Dengan demikian, pembuahan sel telur urung terjadi.

Selain itu, pil KB juga berfungsi untuk mengentalkan lendir pada leher rahim sehingga sperma yang masuk ke dalam vagina akan sulit mencapai sel telur.

Sebagai informasi, beberapa pil KB bahkan diresepkan untuk memperbaiki siklus menstruasi hingga mengatasi permasalahan jerawat dan hirsutisme yang dikarenakan oleh faktor ketidak-seimbangan hormon.

Cara menggunakannya pun mudah, yakni dengan mengonsumsi pil setiap hari secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

2. KB suntik

Bila enggan atau sulit menjaga konsistensi konsumsi pil setiap hari, ada cara lain yang bisa dilakukan perempuan untuk menunda kehamilan, yakni dengan memanfaatkan KB suntik.

Sesuai namanya, KB suntik diberikan dengan cara menyuntikkan hormon progestin ke dalam aliran darah. Sebagai informasi, terdapat dua jenis KB suntik yang kerap digunakan, yaitu KB suntik satu bulan dan tiga bulan. Khusus KB suntik satu bulan, hormon estrogen juga turut disuntikkan bersama progestin.

Selain praktis karena lewat injeksi, KB suntik juga dinilai lebih efektif dalam mencegah kehamilan. Efektifitasnya bahkan mencapai 99 persen.

Kelebihan lain bila menggunakan KB jenis itu adalah siklus menstruasi tetap teratur sehingga mengurangi risiko kanker leher rahim dan kanker indung telur.

Meski demikian, sebelum melakukan KB suntik, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk menilai kesesuaian penggunaan alat kontrasepsi suntik.

3. KB implan

Bila Anda menginginkan jenis KB yang bisa bertahan dalam jangka panjang, Anda bisa mempertimbangkan KB implan. Kontrasepsi jenis ini bisa memberikan perlindungan hingga empat tahun.

KB implan, atau sebagian masyarakat menyebutnya KB susuk, merupakan alat kontrasepsi berbentuk batang kecil. Alat kontrasepsi ini akan dimasukkan ke tubuh, tepatnya di area lengan kanan atas. Fungsinya adalah untuk menghasilkan hormon progesteron yang dapat mencegah terjadinya kehamilan.

KB implan aman digunakan bagi ibu menyusui karena dapat dipasang 6 minggu usai persalinan. Volume serta kualitas air susu ibu (ASI) pun tidak terpengaruh oleh penggunaan alat kontrasepsi tersebut.

Kontrasepsi nonhormonal

1. Kondom

Dalam menunda kehamilan, pasangan bisa bekerja sama layaknya sebuah tim. Jadi, tak hanya perempuan saja yang wajib menggunakan alat kontrasepsi, tetapi juga laki-laki. Dalam hal ini, laki-laki bisa memakai kondom untuk berkontribusi langsung dalam urusan pencegahan kehamilan.

Penggunaan kondom pada laki-laki cenderung praktis dan mudah. Sebab, alat berbahan lateks yang mengandung lubricant spermisida ini cukup dipakaikan ke alat kelamin laki-laki sebelum bersanggama.

Fungsinya adalah untuk mencegah sperma masuk ke vagina dan membuahi sel telur. Mengutip laman resmi DKT Indonesia, Rabu (8/9/2021), kondom juga dapat membantu mencegah penularan penyakit seksual.

2. Intra uterine device (IUD)

IUD merupakan salah satu kontrasepsi nonhormonal yang cukup populer digunakan banyak perempuan. Alat kontrasepsi ini terbuat dari plastik dan menyerupai huruf T. Pada batang IUD dilapisi uliran tembaga. Karena bentuknya, IUD pun sering disebut sebagai KB spiral.

Alat tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rongga rahim untuk menghalau sperma masuk ke dalam sel telur.

Biasanya, IUD bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama, sekitar 4-8 tahun. Meski begitu, pengguna kontrasepsi jenis ini harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan posisi IUD di dalam rongga rahim tidak bergeser.

3. KB permanen

Satu jenis kontrasepsi nonhormonal lain yang perlu diketahui adalah KB permanen. Sebelum menggunakan metode KB permanen, Anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan dan berkonsultasi dengan dokter.

Pasalnya, dengan melakukan metode KB permanen, Anda tidak akan memiliki keturunan.
Pada pria, KB permanen disebut sebagai vasektomi. Sementara itu, pada wanita, jenis KB ini dikenal dengan istilah tubektomi. Dari segi efektivitas, KB permanen dapat mencegah kehamilan hingga 100 persen.

Itulah beberapa jenis alat kontrasepsi hormonal dan nonhormonal yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ragu atau bimbang dalam memilih jenis kontrasepsi yang hendak digunakan, sebaiknya konsultasikan masalah ini kepada bidan atau dokter ahli ginekologi.

Selain berkonsultasi secara tatap muka, saat ini Anda dan pasangan juga bisa melakukan konsultasi secara gratis melalui sambungan nomor telepon pada nomor 0800-1-326459 (bebas pulsa).

Anda bisa pula terhubung dengan dokter dan tenaga kesehatan Halo DKT melalui aplikasi Whatsapp dan Telegram di nomor 0811-1-326459 atau klik tautan https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Tak hanya seputar alat kontrasepsi, tim Halo DKT juga siap melayani konsultasi terkait kesehatan seksual reproduksi. Selama menggunakan layanan ini, informasi dan data diri Anda akan terjamin.

Anda bisa lebih leluasa bercerita tanpa perlu malu dan segan. Perencanaan atau pencegahan kehamilan pun bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

Jadi, #PercayaHaloDKTAja untuk berkonsultasi seputar perencanaan kehamilan, alat kontrasepsi, dan kesehatan seksual reproduksi.

https://health.kompas.com/read/2021/09/26/090100668/pentingnya-alat-kontrasepsi-untuk-cegah-kehamilan-yuk-ketahui-jenis-jenisnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke