Salin Artikel

Posisi Tidur Saat Hidung Tersumbat

Problem kesehatan ini menyebabkan penderitanya susah bernapas, atau saluran napas dipenuhi lendir, sehingga tidur jadi tidak nyaman.

Dilansir dari Insider, penyebab hidung tersumbat saat tidur bisa berasal dari alergi, infeksi pernapasan seperti pilek, sampai penyakit asam lambung kronis.

Untuk mengantisipasi masalah susah tidur umum ini, kenali posisi tidur paling pas saat hidung tersumbat dan cara mengatasinya agar istirahat malam Anda tidak terganggu.

Posisi tidur saat hidung tersumbat

Posisi tidur saat hidung tersumbat yang paling pas adalah berbaring dengan sandaran kepala sedikit lebih tinggi.

Melansir Medical News Today, hidung jadi lebih rawan tersumbat ketika seseorang tidur dengan posisi berbaring biasanya.

Kondisi ini dipengaruhi lendir dari hidung yang susah mengalir dan cenderung menggenang di jalur pernapasan.

Untuk itu, saat hidung tersumbat coba gunakan beberapa bantal atau lipatan selimut saat berbaring agar lendir di hidung bisa lebih mudah mengalir.

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan posisi tidur ini karena leher sakit dan tidak nyaman, coba tidur atau istirahat di kursi malas atau sofa yang nyaman.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Selain menjajal posisi tidur saat hidung tersumbat di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut agar tidak susah tidur:

  • Gunakan pelembap udara agar udara sekitar tempat tidur tidak kering. Agar lebih nyaman, tambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus ke dalam alat pelembap udara
  • Mandi air hangat sebelum tidur. Uap hangat dapat membantu melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat
  • Cuci hidung dengan air steril. Membilas hidung sebelum tidur bisa membantu meredakan iritasi dan melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat
  • Gunakan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek dan toko obat. Ketika menggunakan obat ini, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan produk dengan cermat
  • Coba minum obat pilek dan flu apabila hidung tersumbat terasa sangat mengganggu, atau disertai nyeri otot dan sakit kepala

Perlu diingat, beberapa rekomendasi di atas hanya berlaku untuk orang dewasa. Hindari sembarangan memberikan obat hidung tersumbat untuk bayi atau anak-anak tanpa petunjuk dokter.

Jika Anda khawatir dengan hidung tersumbat saat tidur atau masalah kesehatan ini sampai menyebabkan susah tidur berkepanjangan, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Terutama jika hidung tersumbat disertai demam, sesak napas, mengi, atau napas jadi terengah-engah.

https://health.kompas.com/read/2022/01/11/220100068/posisi-tidur-saat-hidung-tersumbat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.