Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Susah BAB Saat Puasa

Kondisi tersebut umumnya wajar. Pasalnya, selama puasa tubuh mengalami perubahan pola makan sampai beraktivitas.

Perlu diketahui, seseorang dikatakan susah BAB atau sembelit apabila sudah lebih dari tiga hari tidak mengeluarkan kotoran dari perutnya.

Selain itu, feses atau kotoran BAB yang terlalu keras, besar, kering, dan butuh perjuangan ekstra untuk mengejan juga bisa dikatakan susah BAB.

Sebelum mengenali beberapa cara mengatasi susah BAB saat puasa, ada baiknya Anda mengetahui dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab susah BAB saat puasa

Disarikan dari studi yang terbit di National Library of Medicine dan Healthshots, ada beberapa kemungkinan alasan kenapa saat puasa seseorang jadi susah BAB, di antaranya:

  • Berkurangnya asupan yang dikonsumsi dibandingkan hari biasanya
  • Pola makan kurang serat
  • Tubuh tidak cukup terhidrasi atau kurang minum
  • Kurang gerak dan jarang olahraga
  • Kurang tidur

Perubahan pola makan, minum, dan aktivitas saat puasa penyebab susah BAB di atas bakal memperparah masalah sembelit apabila ditambah stres, kebiasaan menahan BAB, sedang hamil, dan tengah minum antasida untuk mengobati asam lambung naik.

Biasanya, sembelit lebih rentan dialami wanita dan kalangan lansia. Namun, tidak menutup kemungkinan pria juga merasakannya.

Cara mengatasi susah BAB saat puasa

Ada beberapa cara mengatasi susah BAB saat puasa yang bisa dijajal, di antaranya:

  • Konsumsi serat alami

Pastikan Anda makan buah, sayur, dan biji-bijian tinggi serat, seperti nasi merah atau ubi, saat santap sahur dan buka puasa.

Menurut studi, beberapa orang jadi susah BAB saat puasa ketika konsumsi serat hariannya kurang dari 15 gram.

  • Minum cukup

Dilansir dari Women’s Health, semakin sedikit air yang Anda minum sepanjang waktu buka puasa sampai sahur, risiko sembelit juga meningkat.

Coba atur kembali manajemen minum saat puasa. Minum segelas air saat buka puasa, segelas lagi setelah membatalkan puasa dengan kudapan, lalu istirahatkan perut sejenak.

Setelah shalat maghrib dan makan ringan, minum segelas air lagi. Lanjutkan dengan minum segelas setelah salat tarawih dan segelas lagi setelah makan malam dan menjelang tidur.

Saat bangun tidur, minum segelas air lagi lalu konsumsi segelas lagi setelah santap sahur. Jika perut rasanya terlalu penuh ketika banyak minum, ganti dengan makanan berkuah seperti sup, jus, atau buah.

  • Tetap aktif bergerak dan rutin olahraga

Saat puasa, banyak orang mengeluhkan badannya lemas jadi enggan banyak bergerak sepanjang hari. Hal itu keliru. Justru ketika Anda aktif bergerak, badan jadi lebih bugar.

Bonusnya, pergerakan usus lebih aktif, feses atau kotoran BAB tidak berlama-lama di usus besar, dan jumlah air yang diserap di usus berkurang. Dengan begitu, BAB lebih lancar dan kotoran yang dikeluarkan tidak keras serta kering.

Selain itu, pastikan untuk mempertahankan rutinitas olahraga sepanjang puasa. Tak perlu berlebihan, cukup jalan kaki atau bersepeda ringan 30 menit di pagi atau sore hari.

  • Tidur cukup

Tidur cukup menjadi tantangan sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Pasalnya, aktivitas sepanjang bulan suci cukup banyak, termasuk tadarus selepas tarawih, pengajian, shalat malam, atau menyiapkan dan santap sahur.

Ketika jadwal tidur terganggu, siklus pencernaan juga turut terpengaruh. Untuk itu, coba atur lagi waktu tidur sepanjang puasa. Upayakan untuk segera tidur nyenyak selepas beraktivitas.

Gunakan waktu istirahat di siang hari untuk tidur siang. Tak perlu berlama-lama, cukup 30 menit.

  • Konsumsi obat pencahar sesuai anjuran dokter

Jika beragam cara mengatasi BAB saat puasa di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung membaik, coba konsultasikan ke dokter untuk meresepkan obat pencahar.

Hindari sembarangan menggunakan obat pencahar sampai lebih dari dua minggu tanpa pengawasan dokter.

Penggunaan obat ini apabila berlebihan dan berkepanjangan justru bisa memperburuk sembelit.

https://health.kompas.com/read/2022/04/06/100100668/5-cara-mengatasi-susah-bab-saat-puasa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.