Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya yang Pantang Disepelekan

Gangguan kesehatan ini bisa muncul saat sedang banyak pikiran, terlalu lelah, pilek, flu, atau salesma.

Di luar kondisi di atas, ada beberapa tanda sakit kepala sudah berbahaya dan perlu segera mendapatkan pertolongan medis. Simak penjelasan berikut.

Tanda sakit kepala sudah berbahaya

Sakit kepala yang sudah berbahaya biasanya memiliki beberapa ciri dan pola yang khas dan pantang disepelekan. Dilansir dari NPR, berikut beberapa tanda sakit kepala sudah berbahaya:

  • Sangat parah dan terjadi mendadak

Sakit kepala parah yang nyerinya tidak tertahankan dan terjadi secara mendadak dalam hitungan detik bisa jadi alarm untuk segera periksa ke dokter terdekat.

Jenis sakit kepala ini bisa jadi gejala penyakit seperti pendarahan otak, aneurisma otak, atau masalah kesehatan lain yang terkait otak.

Pastikan Anda tidak menunda untuk membawa penderita ke rumah sakit jika sakit kepala parah dan terjadi mendadak ini baru kali pertama.

  • Disertai gangguan saraf

Sakit kepala juga bisa jadi gejala penyakit stroke. Jika Anda mendapati sakit kepala disertai gangguan saraf seperti badan mendadak lemas, lengan atau kaki lumpuh sebagian, mendadak tidak bisa bicara atau cidal, wajah terkulai, dan bingung, segera bawa penderita ke rumah sakit.

Selain itu, waspadai juga sakit kepala yang berbahaya jika masalah kesehatan ini sampai menyebabkan kejang, tidak bisa bangun dari tempat tidur, dan pingsang atau hilang kesadaran.

  • Muncul saat bergerak atau berganti posisi

Anda juga perlu waspada jika masalah kesehatan ini muncul ketika bergerak atau berganti posisi.

Misalkan saat membungkuk, bangun dari tempat tidur, mengejan, atau dari posisi duduk ke berdiri.

Beberapa kondisi di atas bisa jadi tanda sakit kepala gejala dehidrasi, pembekuan darah di otak, atau ada masalah di otak dan sumsum tilang belakang.

  • Disertai leher kaku

Tanda sakit kepala sudah berbahaya lainnya yakni disertai gejala leher kaku sampai susah digerakkan dan terasa sangat nyeri.

Penyebab sakit kepala ini bisa berasal dari infeksi meningitis, gangguan di otak, atau sumsum tulang belakang.

  • Polanya tidak biasa

Jangan hanya berfokus pada tingkat nyeri sakit kepala, Anda juga perlu jeli memperhatikan pola masalah kesehatan ini.

Jika Anda sering sakit kepala, coba perhatikan selama beberapa hari kira-kira kapan masalah kesehatan ini sering muncul. lamanya serangan, atau gejala lainnya.

Anda sebaiknya periksa ke dokter jika sakit kepala hanya sering muncul di satu titik di bagian kepala, disertai gangguan penglihatan seperti melihat aura, atau sampai menyebabkan mual dan muntah yang belum pernah Anda alami.

  • Rasanya bukan seperti sakit kepala biasa

Pastikan Anda tidak mengabaikan nyeri yang dialami ketika mendapati sakit kepala rasanya tidak seperti biasanya. Di beberapa kasus, penyebab sakit kepala ini terkait dengan penyakit kronis.

Terutama bagi Anda yang sudah berusia di atas 50 tahun, hamil, atau baru mengalami cedera seperti gegar otak.

Perhatikan beberapa tanda sakit kepala sudah berbahaya di atas. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebelum terlambat.

https://health.kompas.com/read/2022/08/20/133100568/6-tanda-sakit-kepala-sudah-berbahaya-yang-pantang-disepelekan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke