Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mengobati Varikokel, dari Obat sampai Operasi

Dilansir dari Cleveland Clinic, variokel adalah pembengkakan pembuluh darah mirip varises di skrotum atau kantong testis.

Kondisi ini menyebabkan pria merasakan gejala nyeri atau tidak nyaman di bagian alat vitalnya, ukuran testis beda sebelah, sampai memengaruhi produksi sperma apabila kondisinya cukup parah.

Simak beberapa cara mengobati varikokel yang dapat menyerang pria dari segala usia ini.

Cara mengobati varikokel

Tidak ada obat varikokel secara khurus. Tapi, ada beberapa cara menghilangkan varikokel yang bisa diupayakan, antara lain:

  • Gunakan celana dalam yang pas

Dilansir dari Urology Health, varikokel dapat terasa nyeri atau tidak nyaman saat penderita banyak beraktivitas, berdiri dalam waktu lama, atau melakukan olahraga berat.

Untuk mengatasinya, coba gunakan pakaian dalam yang lebih ketat dan dapat menyangga testis lebih baik.

  • Terapi untuk mengurangi nyeri

Untuk mengurangi rasa sakit saat penderita banyak beraktivitas, coba kompres area sekitar testis dengan es batu yang dibungkus handuk kecil selama 15 menit.

Atau, coba minum obat penghilang rasa sakit atau pereda nyeri yang dijual bebas di toko obat atau apotek.

  • Embolisasi pembuluh darah varikokel

Cara menghilangkan varikokel tanpa operasi salah satunya dengan embolisasi atau pemblokiran pembuluh darah yang memicu varikokel.

Tindakan medis ini dikerjakan dengan memasukkan tabung kecil dengan panduan sinar x lewat pembuluh darah utama di selangkangan.

Prosedur medis yang dilakukan dengan bius lokal ini biasanya hanya sekitar 45 menit sampai satu jam.

  • Operasi varikokel

Cara mengobati varikokel yang parah atau cukup berat yakni dengan operasi mengikat atau memotong pembuluh darah yang menyebabkan varikokel.

Ada dua jenis operasi untuk mengatasi kondisi ini. Yakni dengan operasi varikokelektomi mikroskopis atau varikokelektomi laparoskopi. Kedua tindakan medis ini diawali dengan bius total.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan ini, diskusikan dengan dokter yang menangani terkait cara mengobati varikokel paling tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

Sebelum memberikan rekomendasi, dokter umumnya menyarankan penderita untuk menjalani pemeriksaan kualitas dan kuantitas air mani serta sperma.

https://health.kompas.com/read/2022/08/28/073100068/4-cara-mengobati-varikokel-dari-obat-sampai-operasi

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke