Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah di Otak

Untuk itu, setiap orang perlu mewaspadai dengan gejala penyumbatan pembuluh darah di otak.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit pembuluh darah ini termasuk salah satu jenis stroke yang kerap menyerang.

Masalah kesehatan ini bisa terjadi karena penumpukan lemak di pembuluh darah otak.

Penyebab penyumbatan pembuluh darah di otak juga dapat berasal dari pembekuan darah dari jantung atau organ lain yang mengalir ke pembuluh darah lalu bersarang di pembuluh darah otak.

Selain itu, beberapa kasus penyakit ini juga bisa dipicu infeksi bakteri dan virus sampai cedera kepala.

Gejala penyumbatan pembuluh darah di otak

Dilansir dari FortisHealthCare, penyumbatan pembuluh darah di otak sangat riskan mengancam keselamatan penderita.

Pasalnya, kondisi ini menyebabkan otak kekurangan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kinerja organ vital ini.

Selain itu, pembuluh darah otak yang tersumbat juga bisa membuat limbah seluler dan karbon dioksida menumpuk di otak.

Kombinasi dampak ini menyebabkan sel-sel sekitar otak mati dan saraf sekitar terdampak mandek dan mengganggu fungsi tubuh.

Akibatnya, penderita bisa merasakan beberapa gejala penyumbatan pembuluh darah di otak, seperti:

  • Sakit kepala

Ciri-ciri sakit kepala karena kondisi ini biasanya muncul tiba-tiba, sangat parah, dan hanya muncul di salah satu sisi kepala. Sakit kepala ini bisa terasa semakin tak tertahankan ketika penderita batuk, bersin, atau sekadar menggerakkan kepalanya.

  • Gangguan penglihatan

Serangan sakit kepala dan pusing tiba-tiba pada penderita kerap disertai gangguan penglihatan. Pandangan dapat berkabut, buram, sampai tidak bisa melihat sama sekali.

  • Tiba-tiba tidak bisa bicara

Kesulitan bicara bisa muncul ketika ada gangguan pada otak, terutama jika terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak sebelah kiri. Penderita bisa tiba-tiba tidak bisa bicara sama sekali, bicara jadi sangat cepat atau lambat sampai susah dipahami, terdengar bergumam, atau terbata-bata.

  • Kebingungan

Penderita juga dapat mendadak kebingungan. Rasanya seperti tidak bisa memahami segala sesuatu, tidak bisa mengutarakan sesuatu, atau perlu butuh waktu sangat lama untuk berpikir.

  • Perubahan kepribadian

Gangguan kinerja otak bisa mengubah kepribadian. Penderita yang biasanya kalem bisa mendadak maniak. Atau, orang yang biasanya sangat aktif bisa jadi sangat pendiam. Di beberapa kasus, ada juga penderita yang mengalami depresi.

  • Hilang keseimbangan

Penyumbatan pembuluh darah bisa membuat penderita kehilangan kemampuan koordinasi tubuh. Akibatnya, penderita jadi hilang keseimbangan saat berdiri atau beranjak dari tempat tidur.

  • Kejang

Kejang adalah gejala awal pembekuan darah di otak yang kerap dirasakan penderita. Kejang ini biasanya terjadi selama dua menit. Apabila kondisi berlangsung lebih lama, penderita biasanya mengalami kerusakan otak yang lebih serius.

  • Kelumpuhan

Gejala penyumbatan pembuluh darah di otak yang khas lainnya yakni kelumpuhan. Penderita bisa merasakan salah satu sisi tubuhnya mendadak lumpuh. Tangan dan kaki juga tidak dapat digerakkan. Selain itu, wajah juga terlihat terkulai.

Perlu diingat, segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat jika merasakan gejala penyumbatan pembuluh darah di otak. Perbedaan waktu hitungan menit dalam akses perawatan medis bisa berdampak signifikan untuk mengantisipasi kerusakan otak.

https://health.kompas.com/read/2022/08/29/193300668/8-gejala-penyumbatan-pembuluh-darah-di-otak

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke