Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Info Terpadu untuk RS

Kompas.com - 13/05/2008, 20:36 WIB

JAKARTA, SELASA - Rumah sakit-rumah sakit Indonesia ke depan perlu mengembangkan program sistem informasi terpadu, menyusul diperkenalkannya software Vesalius.geo oleh NovaHealth Pte Ltd, Singapura.

"Vesalius.geo merupakan software yang mengalirkan data layanan rumah sakit secara elektronis. Alhasil, pelayanan kepada pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat, akurat dan transparan yang pada akhirnya bisa memberikan kepuasan kepada para pasiennya, " kata Lai Teik Kin, CEO NovaHealth, Selasa (13/5) di Jakarta.

Aplikasi Vesalius.geo memiliki dua modul utama informasi, yaitu Hospital Information System (HIS) dan Clinical Information System (CIS). Keduanya adalah sinergi sistem yang saling melengkapi. HIS merupakan sistem informasi yang mengotomasi seluruh proses administrasi (back office) rumah sakit, termasuk di dalamnya adalah sistem penerapan keuangan.

Secara lengkap, HIS mencakupi kebutuhan informasi mulai dari administrasi pasien dan dokter (jadwal dokter, appointment, pendaftaran), farmasi, sistem pembayaran dan kasir, purchasing, inventori, medical record tracking, sistem informasi lab dan radiologi, serta pemesanan menu makanan rawat inap. Sedangkan CIS sendiri merupakan modul yang menyajikan seluruh proses klinis atau layanan medis, baik inpatient maupun outpatient.

Lai Teik Kin menambahkan, tercakup di dalam CIS antara lain adalah Outpatient Clinical Management yang terdiri dari order management, electronic medical record (EMR), medical alerts, e-prescription atau resep elektronik, serta Inpatient Clinical Management. " Dengan resep elektronik tersebut, dokter cukup mengetikkan resep obat yang akan diberikan ke pasiennya lewat komputer, " tandas Lai Teik Kin.

Menurutnya, keunggulan utama lain yang patut disimak dari fitur-fitur Vesalius.geo adalah kemampuannya meminimalisir kesalahan medis pada permintaan atau pemberian resep obat. "Fitur medical alerts-nya akan secara otomatis mengecek dan menolak kontradiksi resep obat tertentu yang diberikan oleh dokter, semisal ada dua obat yang sama manfaatnya pasti salah satunya akan langsung di-alert," tambahnya.

Artinya, tidak akan ada lagi intervensi manusia dalam lalu lintas sistem informasi ini. Sekalipun, hal itu seorang dokter yang menuliskan resep. Terkait hadirnya Vesalius.geo di Indonesia, sejak tahun 2004 lalu melalui mitra bisnis lokalnya PT novaTARA Indonesia, NovaHEALTH Singapura telah menjalin kerjasama dengan Pondok Indah Healthcare Group (PIHG) dalam rangka pengimplementasian Vesalius.geo sebagai sistem informasi integral di rumah sakit tersebut.

Kemudian tahun 2007 kerjasama serupa dengan RS Puri Indah, Jakarta Barat, yang masih bagian dari kelompok PIHG. " Dilihat dari sudut pandang pihak rumah sakit sebagai pengguna, kami tentu menginginkan sebuah sistem yang ideal, istimewa, yang dapat meng-handle semua transaksi yang ada, sehingga pihak manajerial rumah sakit tidak lagi mengenal kata terlambat dalam pembuatan laporan masing-masing pelayanannya," kata Tavri Deviyan, Chief Information Officer PIHG .

"Bahkan bagian poli tidak perlu lagi melakukan sensus harian, karena setiap laporan akan tercetak otomatis atau terkirim otomatis untuk berbagai keperluan administrasi dan medis". Menurut Tavri, sejatinya, dengan kehadiran Vesalius.geo, harapan masyarakat akan sebuah layanan dan pelayanan kesehatan yang cepat dan nyaman kini semakin nyata terwujud. Vesalius.geo mampu melayani semakin tingginya tingkat mobilitas pasien, yang otomatis menuntut pula adanya komunikasi dan pelayanan yang cepat antara pasien dan institusi kesehatan, serta antara pasien dengan dokter.

Direktur PT novaTara Indonesia, AI Gindo, konsep e-hospital ini secara langsung menciptakan konsep green hospital lewat pengurangan pemakaian kertas, meskipun terlihat kecil hal ini dapat menjadi salah satu upaya untuk ikut mendukung kampanye ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com