Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rileksasi di Meja Kerja

Kompas.com - 28/07/2008, 10:54 WIB

Punggung terasa pegal-pegal setelah berjam-jam menghadapi layar komputer? Lebih dari 60% gangguan kesehatan di tempat kerja merupakan penyakit repetitive strain injuries (sakit otot karena adanya tekanan terus-menerus pada bagian badan tertentu dalam waktu lama).

Sakit otot ini dapat disembuhkan jika terdiagnosis sejak dini. Redakan sakit di punggung dengan gerakan-gerakan ringan di bawah ini.

1. Tariklah kedua tangan lurus di atas kepala. Kaitkan jari jemari dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu putarlah posisi telapak tangan agar menghadap ke atas. Regangkan sampai bahu Anda terasa tertarik.

2. Tubuh pada posisi duduk tegak. Tautkan kedua tangan, serta badan agak membungkuk, ulurkan tangan ke depan sejauh mungkin hingga punggung terasa tertarik.

3. Jauhkan posisi kursi dari meja. Tubuh pada posisi duduk tegak. Dorong badan ke depan sambil kedua tangan diluruskan. Letakkan kedua telapak tangan di atas meja serta kepala menghadap ke bawah. Rasakan punggung bagian bawah tertarik.

4. Duduklah di ujung kursi. Peganglah kedua sisi kursi. Regangkan badan ke atas. Busungkan dada dan tariklah kepala ke belakang.

5. Pada posisi duduk tegak, julurkan kedua tangan ke bawah, dengan membungkukkan punggung sampai ujung jari menyentuh lantai. Arahkan juga kedua tangan ke kanan dan kiri kaki, secara bergantian. 

6. Posisi duduk tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Rentangkan tangan ke samping. Turunkan salah satu tangan, sementara tangan yang satunya terjulur ke atas secara perlahan. Raihlah lantai dengan tangan yang satu dan tarik ke atas sejauh mungkin tangan yang lain. Lakukan secara bergantian.

7. Regangkan kedua kaki Anda lurus ke depan, dan putarlah pergelangan serta telapak kaki Anda. Amati terjadinya peningkatan konsenstrasi saat Anda melakukan peregangan. 

8. Pada posisi duduk tegak dan tangan di pinggang serta bahu rileks, putar-putarlah tubuh Anda ke kiri dan ke kanan. Fokuskan perhatian pada seluruh badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com