Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Panduan Haji Menyesatkan Beredar di Lebak

Kompas.com - 12/11/2008, 14:22 WIB

RANGKASBITUNG, RABU — Masyarakat Kabupaten Lebak, Banten, dihebohkan dengan beredarnya buku tuntunan ibadah haji setebal 86 halaman yang isinya menyesatkan.  Buku tersebut dibagikan secara gratis dan diletakkan di tempat-tempat umum.
   
"Berdasarkan hasil rapat fatwa yang kami gelar tadi pagi di Kantor Majelis Ulama Indonesia, buku itu haram dibaca oleh umat Islam," ujar Ketua MUI Lebak KH Satibi Hambali, Rabu (12/11).
     
Buku dengan judul Risalah Upacara Ibadah Haji itu oleh MUI Kabupaten Lebak dikategorikan sebagai buku yang sangat menyesatkan dan dapat memecah belah umat ataupun bangsa.

Menurut Satibi, dalam buku itu misalnya disebutkan ibadah haji sebagai ibadah menyembah berhala dan sebagai ibadah agama bangsa Arab.

"Ini kan sangat menyesatkan. Makanya, kami dari MUI meminta kepada aparat berwenang untuk mengusut dan menindak orang yang telah membagi-bagikan buku tersebut," tuturnya.

Buku yang tidak jelas penerbit dan alamat penerbitnya tersebut juga mengutip beberapa ayat suci Al Quran serta memutarbalikkan fakta tentang ibadah haji dan ajaran Islam umumnya termasuk tentang Nabi Muhammad SAW.  

"Diperkirakan pula nama Drs H Amos sebagai pengarang buku adalah nama palsu. "Saya minta kepada umat Islam untuk tidak membaca buku itu yang diletakkan di tempat-tempat umum oleh orang yang tidak bertanggung jawab," kata Satibi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com