Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan Diagnosa Kesehatan Makin Penting

Kompas.com - 17/11/2008, 19:54 WIB

SURABAYA, SENIN - Gaya hidup serba instan, praktis, cepat, dan nyaman menimbulkan kecenderungan hidup kurang sehat. Dengan pola gaya hidup masyarakat yang serba dinamis, kebutuhan diagnosa kesehatan tubuh secara berkala sangat dibutuhkan.

Manajer Senior Klinik Gleneagles Diagnostic Centre Surabaya, Haryanto Njoto, Senin (17/11) di sela soft opening Gleneagles Diagnostic Centre Surabaya mengatakan, ritme gaya hidup masyarakat yang serba cepat memengaruhi pula kualitas kesehatan seseorang.

"Saat ini banyak tersedia restoran cepat saji, makanan dan minuman instan yang mengandung zat-zat kimia. Jika pola makan tak dikontrol dan orang tak pernah melakukan cek kesehatan, maka orang akan sangat rentan terhadap penyakit," ujarnya.

Menurut Haryanto, pada umur 35 tah un hingga 45 tahun, orang mengalami fase klinis di mana ia tak menyadari adanya gangguan kesehatan. Namun, setelah umur 45 tahun, gejala-gejala penyakit mulai dirasakan, entah kelebihan berat badan, merasa cepat tua, hingga tekanan darah yang cenderung naik.

"Setelah usia 45 tahun berbagai macam penyakit mulai menyerang, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit penuaan. Orang yang tak pernah mengetahui informasi detail tentang organ tubuhnya akan sulit melakukan antisipasi," tutur Haryanto.

Haryanto mencontohkan, dalam 10 tahun terakhir penyakit jantung koroner pada umumnya diderita pasien berumur di atas 40 tahun. Namun, akhir-akhir ini penderita jantung koroner berumur di bawah 30 tahun.

Pentingnya sejarah kesehatan

Pada dasarnya, seseorang membutuhkan data base atau informasi detail tentang kesehatan organ tubuh secara berkala. Dengan mengetahui informasi ini, maka sejarah kesehatan seseorang akan terlihat sehingga mereka dapat melakukan prediksi untuk melakukan langkah antisipasi.

Managing Director Gleneagles Diagnostic Centre Surabaya Hartanto Saputrajaya Nyoto mengungkapkan, kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diawali dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Namun demikian, kadang sebagian masyarakat belum memahami pentingya diagnosa kesehatan.

"Diagnosa kesehatan bukanlah sesuatu yang menakutkan melainkan tindakan kondusif dalam menjaga kesehatan. Jika memahami keadaan tubuhnya, maka orang leluasa mengkonsumsi makanan yang aman bagi dirinya," ujarnya.

Kalah canggih
Dalam hal fasilitas, sebagian masyarakat menganggap peralatan diagnosa kesehatan di luar negeri lebih canggih. Padahal, fasilitas kesehatan serupa dapat pula ditemui di Indonesia.

Vice Chair to the Board of Director Gleneagles Diagnostic Centre Surabaya Ivy Chou menambahkan, kini terdapat berbagai tempat diagnosa kesehatan bertaraf internasional di Surabaya. Karena itu, orang tak perlu pergi ke luar negeri untuk sekedar melakukan pemeriksaan awal kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com