Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Sekolah Roboh Masih Saja Ada!

Kompas.com - 15/04/2009, 19:34 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Belum sebulan seusai kejadian ambruknya ruang kelas SDN Sejahtera, kini terjadi lagi sekolah ambruk di Bandung. Rabu (15/4) siang, ruang kelas TK/SD Trikarsa, Cicadas, Kota Bandung, ambruk akibat tertimpa runtuhan bangunan Balai RW yang ada di sebelahnya. Seorang guru terluka dalam kejadian ini.

Hendra Yadi, guru tersebut, mengalami luka ringan di kepala dan tangannya di dalam kejadian yang berlangsung cepat itu. Plafon dan langit-langit ruang kelas yang biasa digunakan mengajar siswa kelas V sekolah ini runtuh. Sebetulnya, ada dua ruang kelas yang ikut tertimpa bangunan Balai RW yang menempel di sebelah. Namun, baru satu kelas yang rusak berat.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sangat menyayangkan kejadian ambruknya ruang kelas. Menurut Kepala Seksi Pembinaan TK dan SD Bidang Pendidikan Dasar Disdik Provinsi Jawa Barat Uuh Suparman, kasus ini kian menegaskan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap bangunan sekolah di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

Apalagi, kejadian yang dipicu ambruknya gedung Balai RW di sebelah sekolah ini mengakibatkan terlukanya seorang guru. "Kasus ini harus diseriusi terlepas perbedaan penyebab dengan kejadian sebelumnya," ucap Uuh merujuk pada kasus ambruknya gedung SDN Sejahtera.

Menurutnya, bangunan di SD Trikarsa ini tergolong tidak layak. Sebab, bangunan hanya berukuran 6 x 3 meter. Ia pun sangsi dengan kualitas bahan bangunan yang ada. Gedung ini diketahui dibangun di tahun 1980-an dan belum pernah direnovasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com