Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dudukan Toilet Menularkan Herpes?

Kompas.com - 14/10/2009, 04:08 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang takut menggunakan toilet umum karena khawatir tertular virus herpes dari dudukan toilet. Padahal, penularan herpes sebenarnya tak sesederhana itu.

Perlu diketahui bahwa virus herpes tidak akan bisa hidup lama pada permukaan yang dingin dan kering. Selain itu, penularan baru bisa terjadi jika seseorang memiliki luka terbuka di bagian tubuh yang sama dengan orang lain yang memiliki virus herpes.

Mengapa begitu? Karena kulit kita cukup tebal sehingga virus tidak bisa masuk tanpa adanya luka terbuka. Sehingga yang paling sering terjadi penularan adalah antar manusia karena saat kita berhubungan seks dengan seseorang, mukosa area genital lebih mudah terkelupas dibandingkan dengan kulit luar kita.

Begitu pula dengan kolam renang dan "hot tub" yang kadang juga menimbulkan kekhawatiran bagi sang pemakai karena mereka memiliki jumlah air yang cukup besar untuk bisa menularkan virus herpes. Faktanya, kandungan air yang terdapat di dalam kolam atau tub tersebut cukup besar untuk mendilusikan virus tersebut dan juga terdapat bahan kimia di dalam air tersebut.

Bagaimana dengan "sex toys"? Penggunaan sex toys secara bergantian dengan orang yang memiliki virus herpes memang bisa menjadi media penularan karena virus tersebut bisa hidup sebentar di dalam alat permainan seks.

dr. Intan Airlina Febiliawanti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com