Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MDGs Kemungkinan Besar Gagal

Kompas.com - 20/04/2010, 16:04 WIB

TAMPAK SIRING, KOMPAS.com — Tiga tujuan pembangunan milenium atau MDGs berpotensi gagal dicapai pada 2015. Hal itu ditunjukkan oleh indikator angka kematian ibu melahirkan, pencegahan HIV/AIDS, dan indikator tutupan lahan pada sektor kehutanan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan hal itu di Istana Tampak Siring, Bali, Selasa (20/4/2010).

Armida memimpin kelompok kerja pencapaian MDGs dalam rapat kerja Kabinet Indonesia Bersatu II dengan para gubernur, ketua DPRD, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, pimpinan badan usaha milik negara, para pelaku usaha, dan pakar teknologi yang digelar di Istana Tampak Siring, 19-21 April.

“Meski secara keseluruhan sudah on track secara umum, tetapi ada beberapa indikator yang nampaknya masih off track, kemungkinan bisa tidak tercapai pada 2015,” ujarnya.

Indikator angka kematian ibu melahirkan per 100.000 kelahiran hidup yang berkaitan erat dengan tujuan peningkatan kesehatan ibu, indikator pencegahan HIV/AIDS, dan perhitungan tutupan lahan yang terkait isu lingkungan hidup dan kehutanan, disebutkan Armida, belum menunjukkan pencapaian sesuai harapan.

Pokja pencapaian MDGs akan bekerja hingga Selasa malam untuk merumuskan solusi mengejar ketertinggalan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com