Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cepat Sembuh dengan Obat Tradisional

Kompas.com - 04/08/2010, 07:33 WIB

TANYA :  Dokter, anak saya kok aneh ya. Kalau dia sakit tidak bisa cepat sembuh dengan obat-obatan dari dokter (obat kimia). Anak saya harus selalu dibantu dengan obat tradisional untuk bisa sembuh secara total.

Tetapi masalahnya adalah, saya sering kesulitan mencari bahan-bahan obat tradisional tersebut. Yang ingin saya tanyakan, bisakah anak saya kalau sakit dapat langsung sembuh dengan menggunakan obat kimia?

Eva (34)

JAWAB : Beberapa obat tradisional negeri kita memang sudah berhasil dibuktikan mengandung beberapa zat aktif yang memiliki khasiat meringankan/menghilangkan gejala penyakit tertentu dan sebenarnya obat-obat tradisional tersebut juga memiliki kandungan zat kimia sebagai zat aktifnya (tidak hanya obat "modern").

Sebagian masyarakat kita masih menggunakannya baik sebagai obat utama maupun tambahan untuk penyakit/gejala yang dideritanya termasuk untuk anak-anak. Pada prinsipnya selama obat-obatan tradisional tersebut tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh si kecil (dan sudah terbukti melalui penelitian di laboratorium) dan mampu menyembuhkan penyakit tidak masalah selama dikonsumsi sesuai aturan yang berlaku.

Sehubungan dengan kasus si kecil, sebenarnya hampir sebagian besar keluhan sakit si kecil sudah dapat diatasi dengan obat-obatan "modern". Semua tergantung pendekatan diagnosis yang tepat, sehingga terapinya pun akan tepat dan optimal. Terapi yang baik adalah terapi yang mencakup elemen : tepat obat/indikasi, tepat dosis, tepat cara pemakaian, tepat lama pemakaian.

Sayang sekali tidak dicantumkan apa keluhan sakitnya dan sudah mendapatkan obat apa saja selama ini sehingga saya tidak dapat menganalisanya lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com