Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Memasak Kepiting

Kompas.com - 05/08/2010, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Anda suka sekali makan kepiting? Ingin memasaknya sendiri tetapi takut tidak dapat mengolahnya dengan baik sehingga kehilangan gizinya?

Hilangkan dulu kekhawatiran semacam itu. Agar kandungan nutrisi dari seafood bercangkang keras dan capit ini tak hilang selagi diolah, ikuti tips berikut.

Pilih yang segar
Pilih yang masih hidup karena lebih enak. Jika matanya bergerak keluar-masuk tandanya kepiting masih hidup. Ambil yang kaki-kakinya masih lengkap dan capit yang belum putus.

Dalam keadaan terikat, angkat badannya. Jika ringan, berarti dagingnya kurang padat, karenanya pilih yang berat. Jangan pilih yang muda dan tidak banyak berdaging, karena akan sulit mengeluarkan dagingnya.

Balik, lalu bersihkan
Balikkan kepiting lalu tusuk bagian tengah sampai ujung pantat menggunakan pisau yang tajam dan runcing. Pastikan kepiting sudah mati dan ikatan dapat dilepas.

Cuci kepiting di bawah air mengalir, dan sikat dengan sikat gigi untuk membuang kotoran. Jangan lupa, sikat bagian sela-sela jarinya karena biasanya terkena banyak lumpur.

Buang bagian ujung pantat kepiting yang berbentuk segitiga. Dan, pisahkan tempurung kepiting dengan badannya. Potong kepiting menjadi 2 bagian. Cuci kembali, sambil membuang isi perutnya yang tampak kehijauan.

Remukkan sedikit bagian capit agar bumbu dapat meresap ke dalam daging dan mudah disantap.

Saatnya memasak!
Sup: Rebus kepiting dalam air mendidih selama 15 menit, dan warnanya berubah menjadi merah. Angkat, tiriskan, dan dinginkan, kuliti dan kumpulkan dagingnya.

Rebus: Beri sedikit arang pada air rebusan untuk menghilangkan racun yang mungkin termakan oleh kepiting.

Goreng: Gunakan minyak goreng yang banyak dengan panas sedang, dan bagi kepiting menjadi tiga bagian (tempurung, badan dibagi dua).

Waktu terlama mengolah kepiting adalah 15-20 menit. Jangan terlalu lama mengolahnya, karena semakin lama dimasak, dagingnya semakin keras.

(Tabloid NOVA/Dahrani Putri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com