Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus pada Tujuan untuk Mencegah Diet "Yo Yo"

Kompas.com - 06/08/2010, 13:12 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami diet yo-yo, yaitu ketika berat badan mudah turun, tetapi kembali naik sesudahnya?

Diet sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga memang penting dilakukan. Namun yang terpenting adalah menetapkan tujuan yang kuat agar Anda tetap fokus dan termotivasi untuk mendapatkan berat badan sehat untuk seterusnya.

Ahli gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, mengatakan bahwa program penurunan berat badan memerlukan waktu panjang. Tujuan yang kuat akan membantu diri untuk terus menjaga motivasi menjalani proses yang panjang tersebut.

"Akan ada banyak gangguan, makan bersama teman di restoran contohnya. Jika motivasi dan niat kuat, dengan memiliki gol yang kuat, Anda tetap bisa menjalankan program dengan memilih makanan yang tepat meski banyak godaan," papar dr Sam, dalam acara WRP Sure You Can Do! Challenge Crowing Night, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karenanya, kata dr Sam, menetapkan tujuan menjadi langkah awal untuk memulai diet sehat. Tentu saja setiap orang memiliki tujuan diet yang berbeda. Seperti menurunkan berat badan agar pakaian lama tak hanya tersimpan di lemari, namun bisa dikenakan kembali. Atau bagi ibu muda, yang mungkin menggunakan alasan kesehatan sebagai motivasinya. Tujuannya, agar tubuh tetap fit sehingga bisa melihat anak tumbuh dan berkembang, dan menyaksikan keberhasilannya saat dewasa. Apapun tujuan Anda, tetapkan sejak awal sebelum merencanakan atau memilih program diet.

"Dengan memiliki tujuan yang kuat, tidak akan ada yang bisa menghalangi Anda," tegas dr Sam.

Menetapkan tujuan diet tak sekadar untuk meningkatkan motivasi, tetapi juga membantu Anda memilih program yang tepat dan fokus menjalankan program tersebut. Misalnya, jika kesehatan menjadi faktor utamanya, Anda akan fokus menjaga tubuh tetap sehat dan fit, termasuk menghindari obesitas.

"Jika ingin sehat dan melihat anak berhasil puluhan tahun ke depan, artinya tubuh harus terus dijaga dan mencegah obesitas. Segala macam penyakit bisa datang karena obesitas. Dengan memiliki gol kuat seperti ini, tubuh secara konsisten dijaga," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com