Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Janin Melintang, Masihkan Bisa Berubah?

Kompas.com - 11/08/2010, 07:45 WIB

TANYA : Dokter yang baik, kandungan saya saat ini sudah memasuki usia 6 bulan. Tetapi menurut dokter tempat saya konsultasi, posisi bayinya melintang. Apakah posisi bayi saya masih bisa berubah nantinya, seperti posisi yang normal? Dan apakah kalau bayi selalu bergerak akan terlilit tali pusat, karena bayi saya ini terlalu aktif . Terima kasih dokter sebelumnya.   Devi (35 tahun)

JAWAB :  Iya ibu. Terimakasih atas e-mail nya. Janin berusia 6 bulan masih normal untuk posisi apa aja. Nanti saat memasuki 34 minggu kepala akan turun karena gaya berat. Jadi bisa posisinya bisa normal lagi. Untuk gerak bayi yang sering, juga biarkan aja.

Memang ada risiko bayi ibu akan terlilit tali pusat. Namun begitu kita kan juga tidak bisa mencegahnya. Jadi ibu sebaiknya tenang saja. Pantau terus gerak janin ibu. Banyak juga yang bisa lahir normal dengan lilitan tali pusat. Demikian ibu. Semoga jadi tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com