Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istirahat Wajib Hukumnya

Kompas.com - 07/09/2010, 10:35 WIB

Kompas.com - Mempererat tali silaturahmi memang tidak memandang jarak. Tak heran jika jutaan orang di Indonesia rela menghabiskan puluhan jam waktunya untuk berjumpa dengan sanak famili di kampung halaman. Kemacetan lalu lintas yang setiap kali menghadang perjalanan tidak menyurutkan niat para pemudik untuk pulang kampung.

Kelelahan merupakan kondisi yang umum terjadi jika kita melakukan perjalanan darat yang panjang dan lama. Menurut dr.Ari Fahrial Syam, Sp.PD, kelelahan berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh yang pada akhirnya bisa membuat kita mudah terintenfeksi kuman atau virus. Karena itu para pemudik disarankan untuk beristirahat secukupnya.

Berikut adalah beberapa tip mudik yang dibagikan oleh dr.Ari agar perjalanan Anda menjadi aman dan kesehatan tetap terjaga untuk menyambut hari kemenangan:

- Seluruh anggota keluarga yang akan mudik disarankan untuk beristirahat dengan cukup sebelum berangkat, terutama bagi yang berangkat menggunakan jalur darat, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak bisa diprediksi.

- Untuk mencegah kelelahan di perjalanan, pemudik yang membawa kendaraan sendiri sebaiknya bergantian mengendarai kendaraan.

- Manfaatkan tempat istirahat di sepanjang jalur perjalanan untuk melakukan olahraga kecil atau gerakan relaksasi, khususnya untuk tengan, kaki dan leher.

- Hindari menahan kencing terlalu lama karena bisa berakibat pada infeksi saluran kencing. Hal tersebut disebabkan karena masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra. Dalam keadaan normal, bakteri ini terbawa keluar bersama urin saat kita buang air kecil.  

- Perjalanan malam lebih menguntungkan karena udara lebih dingin dan kita juga tidak dalam keadaan berpuasa di perjalanan sehingga bisa terhindar dari risiko dehidrasi.

- Usahakan untuk tidak membeli makanan dan minuman di pinggir jalan karena berpotensi terkontaminasi debu dan kotoran lain.

- Bagi yang membawa bekal makanan dari  rumah, pilihlah makanan kering karena makanan basah atau nasi dan lauk pauk sebaiknya dikonsumsi kurang dari 6 jam setelah pembuatan.

- Bawalah obat-obatan sederhana, seperti obat anti alergi, sakit kepala, atau obat anti mual. Pemudik yang memiliki sakit kronis juga diingatkan untuk membawa obat yang rutin dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com