Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu Tepat, Kaki Sehat

Kompas.com - 01/10/2010, 15:32 WIB

Kompas.com - Sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki sering menjadi sumber utama masalah kaki. Dengan memilih sepatu yang benar kita dapat menghindari berbagai masalah kaki. Ketika membeli sepatu perhatikan berbagai hal berikut ini:

- Bagian depan yang lebar Belilah sepatu dengan bagian depan yang cukup lebar agar jari kaki mempunyai cukup ruang. Sepatu lancip atau berujung sempit bisa menekan kaki dan menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam, kapalan, mata ikan dan bunion.

- Bertumit rendah Pilihlah sepatu dengan dengan tumit tidak lebih dari 5 cm. Tumit tinggi bisa membebani lutut dan punggung secara berlebihan. Tubuh dipaksa condong ke belakang untuk mengimbangi kaki yang terangkat ke depan. Tumit tinggi menimbulkan ketegangan tendon Achilles dan nyeri jari kaki.

- Tali sepatu Sepatu dengan ikatan tali sepatu biasanya lebih banyak memberi ruang dan penopang yang dapat disesuaikan.

- Bahan yang dapat "bernapas" Kulit lunak atau suede membuat keringat menguap. Vinil dan plastik menghambat penguapan keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com