Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Pakai Sampo Rambut

Kompas.com - 06/10/2010, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya kulit wajah, rambut Anda juga membutuhkan perawatan rutin. Perawatan ini perlu untuk mencegah terjadinya kerontokan.

Eddy Karta, dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta bilang, perawatan rambut bisa dilakukan baik dari luar maupun dalam. Perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung empat sehat lima sempurna.

"Bisa mengkonsumsi susu, karena susu mengandung banyak protein dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut," katanya.

Santi Sadikin, dokter konsultan estetika dari Klinik Kecantikan Esther House of Beauty menambahkan, perawatan dari luar bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut.

Idealnya, kita keramas setiap dua sampai tiga hari sekali. Tetapi itu berlaku untuk rambut normal. Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, Santi menyarankan Anda untuk keramas setiap hari dengan Sampo yang memang aman digunakan setiap hari.

Menyesuaikan karakter rambut dengan jenis sampo ini sangat membantu mencegah kerontokan rambut. Soalnya, jika salah sampo bukan rambut indah yang didapatkan tapi justru dapat menyebabkan kerontokan.

Tapi, jangan takut. Saat ini sudah banyak tersedia sampo yang khusus dibuat untuk jenis rambut tertentu. "Tujuan sampo ini memberi proteksi khusus bagi jenis rambut tertentu," kata Santi.

Santi menyarankan Anda menggunakan Sampo dengan kadar asam (ph balance) seimbang. Keterangan ph balance ini bisa ditemukan pada label sampo yang kita gunakan.

Selain penggunaan sampo, pemakaian kondisioner juga tidak boleh berlebihan agar kepala tetap sehat. Kondisioner cocok digunakan oleh seseorang yang memiliki karakteristik rambut kering. Soalnya, kondisioner menjaga kelembaban dan menurunkan penguapan rambut.

Jika Anda mempunyai karakteristik rambut berminyak, Anda tidak disarankan menggunakan kondisioner. Soalnya, kondisioner malah bisa membuat minyak semakin banyak, bahkan menimbulkan masalah baru seperti ketombe sampai kerontokan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com