Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Sehat Perpanjang Umur Lansia

Kompas.com - 04/01/2011, 07:44 WIB

KOMPAS.com — Diet sehat memperpanjang umur orang lanjut usia (lansia). Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal American Dietetic Association, pekan lalu, mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi makanan rendah lemak, banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, ternyata memiliki usia rata-rata lebih panjang.

Studi itu membandingkan diet sekitar 2.500 orang berumur 70-79 tahun di Amerika Serikat. Mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti es krim, susu tinggi lemak, dan keju, mempunyai risiko kematian paling tinggi.

Adapun 12 persen yang menjalani diet sehat ternyata berusia rata-rata lebih panjang sekitar 10 tahun. Para partisipan dalam studi itu dibagi dalam sejumlah kelompok berdasarkan frekuensi mereka mengonsumsi makanan tertentu.

Peneliti utama, Amy Anderson dari University of Maryland, mengatakan, ”Orang tua yang mengonsumsi banyak buah, sayur, ikan, unggas, dan produk rendah lemak terbukti mempunyai risiko kematian lebih rendah,” ujarnya. (BBC/INE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com