Begadang 4 Hari Timbulkan Halusinasi

Kompas.com - 04/01/2011, 15:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Para ahli memang belum mengetahui berapa lama manusia mampu bertahan tanpa tidur. Namun jika Anda tidak tidur selama 4 hari dalam seminggu Anda akan mengalami halusinasi.

Guinness World Records memang pernah mencatat rekor Randy Gardner (17) dari Amerika yang mampu terjaga hingga 264 jam di tahun 1964. Akan tetapi ia melakukannya dalam pengawasan ketat dari tim medis. Fisiknya dimonitor setiap jam oleh tim dokter.

Akan tetapi setelah empat hari tidak tidur, Randy mulai mengalami halusinasi. Ia merasa dirinya sebagai pemain football Paul Lowe dan memenangkan piala Rose Bowl.

Halusinasi yang dialami oleh orang yang tidak tidur merupakan hal yang biasa. Brit Tony Wright, yang pernah terjaga selama 11 hari di tahun 2007, mengatakan di hari kelima ia merasa melihat peri-peri dan orang kerdil berkeliaran di sekitarnya.

Walaupun bukti yang bersifat anekdotal itu jauh dari empiris, namun sulit melakukan penelitian dengan meminta partisipan tidak tidur selama itu. Dengan demikian agak sulit mencari bukti ilmiah mengenai testimoni tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.