Wanita Modern Sering Tidak Seimbang

Kompas.com - 15/01/2011, 14:08 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - "Wanita itu pasti stres. Tidak mungkin tidak. Kita semua pasti merasakan stres. Hal itu tidak bisa dihindari. Tetapi yang penting adalah, bagaimana kita mengendalikannya," papar dr Ida Gunawan MS SpGK dalam acara talkshow Adidas Women's Day Out yang diadakan di Verandah Pool Four Seasons Hotel, Sabtu, 15 Januari 2011. Stres, banyaknya pikiran, tekanan, dan aktivitas, wanita seringkali melupakan keseimbangan hidupnya.

"Seringkali wanita modern melupakan akan pentingnya menjaga keseimbangan hidup karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga mereka kurang memerhatikan asupan nutrisi yang tepat serta menjalani gaya hidup yang kurang sehat," jelasnya lagi.

Dalam talkshow bertema "Balanced Nutrition for Balanced Life" tersebut, dr Ida mengungkapkan 4 hal yang penting untuk diseimbangkan dalam hidup seorang wanita, yakni; nutrisi, olahraga dan aktivitas fisik, istirahat yang cukup, serta gaya hidup yang sehat. Menurutnya, dari keempat hal itu, banyak yang lalai untuk menjaganya, dan tidak sedikit pula orang yang menyalahartikan.

Nutrisi, menurut dokter yang juga praktik di RS Hermina ini, dibutuhkan gizi yang sehat dan seimbang untuk wanita supaya bisa tetap sehat. "Nutrisi yang ideal untuk wanita aktif sebenarnya sama saja dengan pria. Namun, wanita lebih memberikan perhatian pada kecantikan dan kebersihat kulit, tubuh, kesehatan, dan lainnya. Karena itu, butuh keseimbangan asupan sehari-hari, dari konsumsi vitamin, mineral yang kaya antioksidan, karbohidrat, protein, lemak, serat, serta air," jelasnya lagi.

"Olahraga yang saya maksud adalah olahraga fisik, ya. Bukan olahraga yang banyak berdiam diri, seperti main catur yang hanya menggunakan otak," candanya. Ditekankan dr Ida, agar tetap sehat, kita butuh kegiatan mengolah fisik. Selain untuk membuat tubuh sehat, mengalirkan darah, ternyata olah raga juga merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan tingkat stres.

Istirahat yang cukup, diterangkan oleh dr Ida, sekitar 6-8 jam per hari, tergantung dari pola istirahat tubuh Anda. sendiri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan alarm sebelum Anda tidur, dan catat perkiraan jam Anda mulai terlelap. Upayakan Anda terbangun bukan karena hal di luar Anda, biarkan tubuh Anda terbangun alami. Lihat jam, dan hitung seberapa lama waktu Anda terlelap. Cek tubuh Anda, apakah terbangun dengan bugar dan enak atau tidak. Kurang lebih, selama itulah tubuh Anda butuh beristirahat setiap harinya. Pastikan Anda memenuhi jam tidur itu agar membuat tubuh selalu segar setiap hari.

Guilty pleasure yang sering kita lakukan merupakan hal-hal yang tak baik untuk tubuh. Alkohol, merokok, dan begadang adalah 3 hal yang sering menjadi membuat seseorang kurang sehat. Apalagi ketika ditambah dengan stres, makin lengkaplah tekanan yang diterima tubuh Anda. Dr Ida mengingatkan agar kita memiliki gaya hidup yang sehat dan menjauhi hal-hal yang menyakiti tubuh.

Agar tubuh tetap fit dan seimbang, dr Ida menekankan pentingnya keempat hal tadi. Karena kesehatan dan fit yang optimal adalah landasan dari banyak hal dalam hidup ini, bukan? Karier dan uang yang banyak tetapi tidak bisa menikmati karena tubuh tidak sehat akan percuma, bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.