Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Membuat 75 Persen Keputusan di Rumah

Kompas.com - 03/03/2011, 15:50 WIB

KOMPAS.com — Ini bukti betapa kuatnya pengaruh istri atau ibu dalam rumah tangga. Survei yang dilakukan Ginsters, perusahaan pembuat kue di Cornwall, Inggris, menunjukkan, perempuan membuat 75 persen keputusan penting dalam rumah tangga. Keputusan tersebut meliputi masalah keuangan, di mana keluarga akan tinggal, dan kapan akan mulai memprogram kehamilan. Perempuan juga mengatur keputusan sehari-hari, seperti bagaimana harus mengisi waktu luang dan kapan waktunya tidur.

Di lain pihak, pria cenderung membuat keputusan mengenai mobil apa yang perlu dimiliki atau apa yang mereka tonton di televisi.

”Tampaknya pria bukan lagi kepala rumah tangga dan mereka menyadari hal itu,” kata juru bicara Ginsters, Larry File. ”Kami terkejut, betapa jujur dan terbukanya kaum pria mengenai kurangnya peran mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kebanyakan pria tampaknya tidak keberatan jika harus bertanya dulu (pada istri) sebelum melakukan banyak hal,” tuturnya.

Hasil penelitian ini juga mendapati bahwa enam dari 10 pria mengaku bahwa pasangan mereka memiliki kontrol penuh mengenai kapan dan seberapa sering mereka harus berhubungan seks. Kemudian, 66 persen pria mengaku betul-betul tergantung pada pasangannya mengenai kapan dan apa yang akan mereka konsumsi.

”Ide mengenai pria menjadi kepala rumah tangga jelas merupakan masa lalu karena kebanyakan pasangan saat ini sepakat bahwa perempuan adalah pembuat keputusan kunci,” kata  File.

Survei yang melibatkan 3.000 pasangan ini juga mengungkapkan bahwa perempuan menggunakan teknik manipulasi untuk membujuk pasangannya agar menyetujui keputusan yang dibuatnya, sedangkan pria memilih membelikan cokelat untuk membuat pasangannya senang.

Bagaimana dengan Anda? Siapa pembuat keputusan terbesar di rumah Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com