Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Makanan Penambah Berat Badan Anak?

Kompas.com - 23/05/2011, 09:35 WIB

TANYA: Anak saya usia 8 bulan, perempuan, berat badan 7.5 kg dan sekarang sudah tidak mendapat ASI . Ia sudah makan bubur nasi. Saya ingin tahu apakah berat badannya anak saya normal? Anak teman saya berusia sama tapi beratnya sudah 10 kg. Makanan apa yang saya harus berikan untuk menambah berat badannya, atau jenis susu apa yang saya berikan untuk menambah berat badannya. Sebenarnya anak di usia ini apakah sudah bisa diberi ikan laut, telur dan daging? Salam.  Rino (32), Jakarta

JAWAB: Sayang sekali Bapak/Ibu tidak mencantumkan tinggi badannya saat ini sehingga saya tidak dapat menentukan status gizinya secara akurat, karena berat badan optimal  seorang anak adalah yang proporsional terhadap tinggi badannya. Namun berdasarkan usianya, berat badannya saat ini masih dalam rerata normal (persentil 10-25, berdasarkan kurva berat badan dan tinggi badan NCHS).

Secara kasat mata kita bisa lihat dari penampilannya, apakah ia tampak kurus atau biasa-biasa saja, yaitu lipat/tebal lapisan lemak di bawah kulitnya masih cukup tebal. Mengenai jenis makanannya saat ini sudah sesuai dengan usianya, yang penting adalah porsi makanannya bisa perlahan-lahan ditambah secara bertahap sampai batas optimal yang masih ia bisa toleransi. Apabila salah satu atau kedua orangtua tidak ada bakat alergi, terutama alergi seafood atau telur, boleh saja diberikan ikan laut dan telur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com