Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Risiko dengan 3 Asuransi Ini

Kompas.com - 13/07/2011, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Banyak perempuan muda saat ini sudah sanggup memiliki rumah dan kendaraan sendiri. Dengan demikian, risiko kesehatan bukan satu-satunya yang harus dihadapi. Anda juga perlu menyiapkan rencana untuk mengantisipasi terjadinya tiga risiko, kesehatan, kematian, dan kerugian harta benda.

Cara yang paling baik adalah mengalihkan akibat-akibat finansial yang terjadi karena risiko-risiko tersebut dengan mengambil asuransi.

1. Asuransi jiwa
Memberikan santunan berupa uang pertanggungan apabila pemegang polis meninggal dunia. Sebenarnya asuransi jiwa bukan untuk melindungi Anda, namun lebih untuk memproteksi hilangnya penghasilan akibat terjadinya risiko kematian pada Anda. Asuransi jiwa penting dimiliki jika Anda menjadi tulang punggung keluarga.

2. Asuransi kesehatan
Memberikan uang penggantian biaya-biaya perawatan (rawat inap) dan pengobatan. Namun, asuransi kesehatan tidak bisa diambil, jika Anda memiliki persediaan dana cukup untuk membayar biaya kesehatan selama satu tahun.

3. Asuransi kerugian
Memberikan ganti rugi biaya-biaya yang terjadi di luar risiko kemarian dan kesehatan manusia, contohnya seperti kerugian harta benda, nama baik profesi karena tuntutan hukum. Contohnya, asuransi kebakaran (menutup biaya-biaya yang terjadi akibat kebakaran rumah), asuransi kepemilikan rumah (menutup segala risiko kerusakan rumah karena berbagai sebab).

Mobil atau motor Anda juga sebaiknya dilindungi dengan asuransi kendaraan yang bisa menutup biaya-biaya kerusakan maupun risiko kehilangan.

(Chic/Gracia Danarti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com