366 Juta Orang Menderita Diabetes

Kompas.com - 14/09/2011, 07:35 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Epidemi diabetes di seluruh dunia terus memburuk, saat ini diperkirakan 366 juta orang menderita penyakit ini. Angka kematian akibat penyakit diabetes  mencapai 4,6 juta per tahun dan biaya kesehatan yang harus dikeluarkan mencapai 465 miliar dollar setiap tahun.

Angka penderita diabetes tersebut dibuat berdasarkan data internasional, baik diabetes tipe 1 dan 2.

Kondisi terkini diabetes tersebut disampaikan oleh International Diabetes Federation, Selasa (13/9), dalam acara pertemuan European Association di Lisbon, Portugal. Minggu depan juga akan diadakan pertemuan puncak PBB untuk penyakit tidak menular. Tujuan dari pertemuan itu adalah membuat tindakan global untuk melawan diabetes seperti halnya kanker, penyakit jantung dan penyakit pernapasan kronik.

Badan PBB sendiri baru dua kali melakukan pertemuan puncak terkait isu-isu kesehatan. Yang pertama adalah di tahun 2001 yang ditujukan untuk mengatasi krisis HIV/AIDS.

"Statistik jumlah pasien diabetes itu menunjukkan dengan jelas bahwa diabetes adalah tantangan masif yang tidak bisa lagi diabaikan. Pada tahun 2011, setiap detik satu orang meninggal karena diabetes," kata Jean Claude Mbanya, presiden International Diabetes Federation.

Ia menambahkan, saat ini dunia berburu dengan waktu untuk menghentikan epidemi diabetes. "Kami mengharapkan tindakan dari pertemuan puncak yang lebih tinggi di PBB," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.