Kekerasan Seksual Memicu Sakit Jantung

Kompas.com - 15/11/2011, 10:23 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com  - Studi terbaru menunjukkan bahwa wanita yang pernah mengalami kekerasan atau pelecehan seksual semasa remaja atau kanak-kanak memiliki peningkatan risiko penyakit jantung ketika dewasa. Temuan ini dipublikasikan dalam American Heart Association.

Para peneliti menganalisis data lebih dari 67.000 relawan perempuan berusia 25-42 tahun. Peneliti mengungkapkan bahwa sebanyak 11 persen di antara relawan menjawab "ya" ketika ditanya apakah mereka pernah mengalami "kekerasan seksual" saat masa kanak-kanak atau remaja, sampai usia 17 tahun.

Setelah diamati selama kurang lebih 18 tahun, para ilmuwan menemukan perbedaan. Perempuan yang mengalami setidaknya satu kali kekerasan seksual semasa muda mempunyai risiko 56 persen lebih tinggi mengidap penyakit kardiovaskular ketimbang perempuan tanpa riwayat kekerasan seksual semasa anak-anak.

"Sudah jelas bahwa hubungan ini sangat kuat. Kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik berupa skrining dan mengidentifikasi pelecehan seksual anak pada usia dini," kata Donna Arnett seorang epidemiologi dari University of Alabama di Birmingham, sekaligus presiden terpilih American Heart Association.

Sementara itu, Janet Rich-Edward, dari Harvard School of Public Health and Brigham and Women Hospital in Boston mengatakan, faktor terbesar yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung adalah jika seseorang memiliki kecenderungan mengalami  obesitas.

Namun ia juga menuturkan bahwa kekerasan seksual yang dialami perempuan memiliki tingkat lebih tinggi sebagai pencetus serangan jantung ketimbang faktor risiko lainnya seperti rokok, alkohol, hipertensi dan diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.