Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Letak Plasenta di Awal Trimester Kedua

Kompas.com - 26/12/2011, 13:32 WIB

Tanya: Saat ini saya hamil 26 minggu anak pertama. Terakhir USG, dokter mengatakan ari-ari janin terlalu ke bawah dan bisa mengakibatkan pendarahan. Alhamdulillah, selama ini saya belum pernah mengalami pendarahan. Bagaimana posisi ari-ari yang benar? Apakah pengaruh posisi ari-ari dalam proses persalinan? Adakah gerakan tertentu yang harus saya lakukan supaya posisi ari-ari bisa berubah? (Mahfiroh - Cilegon, Banten)

Jawab:
Normalnya, posisi plasenta atau ari-ari terletak di bagian atas rongga rahim. Pada keadaan tertentu, plasenta tidak berada di tempat yang seharusnya, yaitu di bawah jalan lahir dan menutupi lubang jalan lahir (ostium uteri internum).

Pada awal trimester kedua, dengan pemeriksaan USG dapat diketahui apakah letak plasenta tersebut normal atau tidak, sehingga bisa diantisipasi tindakan apa yang harus dilakukan ibu hamil dan dokternya.

Bila plasenta menutupi jalan lahir, disebut plasenta praevia, ini berisiko tinggi untuk terjadinya pendarahan dalam kehamilan maupun pasca persalinan. Sebagian plasenta praevia yang ditemukan pada trimester kedua akan menjadi letak normal pada akhir trimester ketiga (usia kehamilan 36 minggu).

Melalui pemeriksaan USG pada kehamilan 36 minggu akan ditentukan apakah bagian bawah plasenta masih menutupi lubang jalan lahir atau sudah letak normal. Bila masih menutupi, maka persalinannya harus melalui operasi sesar.

Letak plasenta akan berubah dengan sendirinya mulai kehamilan 28 minggu sesuai dengan mulai terbentuknya segmen bawah rahim. Tidak ada gerakan atau upaya tertentu yang dapat mengubah letak plasenta.

(Dr Judi Januadi Endjun, SpOG, dari Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Veteran/RSPAD Gatot Subroto).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com