Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigi Tetap Putih Meski Hobi Ngopi

Kompas.com - 18/01/2012, 12:47 WIB

Kompas.com - Kebiasaan ngopi atau minum teh merupakan salah satu penyebab warna gigi tak lagi putih. Bahkan, jika Anda melakukan perawatan pemutihan gigi, warna putihnya akan sedikit demi sedikit akan memudar dalam tempo sebulan jika Anda masih rutin meminum kopi dan teh.

Bagi para penggemar kopi atau teh, meninggalkan kebiasaan menyesap minuman berkafein tersebut bukan perkara mudah. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi noda pada gigi pasca meminum teh atau kopi.

- Untuk meminimalkan paparan cairan teh atau kopi, gunakan sedotan.

- Segera berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman yang menyebabkan noda pada gigi seperti teh, kopi, juga red wine.

- Perhatikan kebersihan gigi. Sikat gigi minimal dua kali dalam sehari dan bersihkan dengan benang gigi untuk mengurangi plak. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi mengandung pemutih dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan noda dan mencegah gigi menguning.

- Pertimbangkan perawatan pemutihan gigi di dokter gigi setahun sekali. Bila Anda juga perokok, Anda mungkin membutuhkan perawatan pemutihan lebih sering agar gigi tetap putih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com