Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Sulit Orgasme

Kompas.com - 02/02/2012, 10:05 WIB

TANYA :

Dok, saya dan pasangan baru 8 bulan ini menikah. Kenapa ya, ketika berhubungan intim saya kerap mencapai orgasme sedangkan istri saya belum, padahal saya sudah melakukan rangsangan kira-kira 5-10 menit. Istri saya akhirnya  bisa mencapai orgasme setelah saya merangsang dia dengan jari tangan.  Tetapi terkadang, upaya rangsangan dengan jari juga tidak membuatnya orgasme..Dok apakah seks yang saya lakukan ini sehat atau gimana mohon penjelesannya dok terimakasih sebelumnya.

(Fitra, 31, Batam Kepulauan Riau)

 

JAWAB :

Apabila dibandingkan, pada umumnya perempuan lebih sulit mencapai orgasme dibandingkan pria. Keadaan ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu posisi hubungan seksual yang tidak efektif bagi perempuan, hambatan psikis, penyakit tertentu, dan gangguan fungsi seksual pada suami (khususnya ejakulasi dini dan disfungsi ereksi).

Tetapi kalau istri Anda ternyata dapat mencapai orgasme ketika Anda memberikan rangsangan dengan jari, boleh jadi ada dua penyebab mengapa istri Anda tidak mencapai orgasme ketika melakukan hubungan seksual. Pertama, posisi tidak efektif memberikan rangsangan seksual bagi istri.

Kedua, hubungan seksual terlalu cepat berakhir mungkin karena Anda terlalu cepat mencapai orgasme dan ejakulasi.  Untuk mengatasi ini, harus diketahui dulu apa penyebabnya. Kalau hanya karena posisi yang tidak efektif bagi istri, maka posisi perlu diatur. Posisi istri di atas lebih memudahkan bagi istri menerima rangsangan yang lebih efektif karena istri yang mengatur.

Tetapi kalau karena Anda yang terlalu cepat mengalami orgasme dan ejakulasi, tentu Anda memerlukan pengobatan. Rangsangan dengan jari, boleh saja dilakukan sepanjang istri menghendaki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com