Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPN Berdendang dan Menari di Tugu Proklamasi

Kompas.com - 01/05/2012, 12:28 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa Serikat Pekerja Nasional menjadikan Tugu Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat, sebagai titik pusat aksi peringatan Hari Buruh Sedunia (Mayday), Selasa (1/5/2012). Berbeda dengan massa buruh lainnya yang turun ke jalan untuk berunjuk rasa, ratusan massa SPN memilih untuk menggelar panggung hiburan di lokasi tempat pernyataan kemerdekan RI dibacakan Soekarno-Hatta.

Massa terlihat mulai berkumpul di Tugu Proklamasi sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka datang dengan menggunakan belasan kendaraan, antara lain delapan bus besar, tiga metromini, dan beberapa mobil pick-up. Sebagian lainnya berarak dengan berjalan kaki melintasi Jalan Diponegoro, setelah sebelumnya bergabung dengan elemen buruh lain yang berorasi di Bundaran HI.

Panggung hiburan terlihat dimulai pada sekitar pukul 10.30 WIB. Diiringi sebuah band dan beberapa biduanita, massa terlihat menari dan berdendang. Beberapa lagu dangdut populer menjadi favorit para buruh, di antaranya Iwa Peyek, Alamat Palsu, Cucak Rowo.

M Jumhur Hidayat, Ketua BNP2TKI yang hadir di lokasi menyatakan, SPN memusatkan aksinya di Tugu Proklamasi. Momen peringatan Hari Buruh akan diisi SPN dengan kegiatan hiburan untuk para buruh.

"Kegiatan SPN terpusat di sini. Nanti semua yang ikut di Bundaran HI, termasuk ketuanya akan gabung di sini," kata Jumhur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com