Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terganggu Mimpi Buruk tentang Seks

Kompas.com - 03/05/2012, 08:16 WIB

TANYA :

Dok ada sesuatu yang membuat saya tidak merasa nyaman. Akhir-akhir ini, saya sering mengalami mimpi, yang menurut saya dapat dikategorikan sebagai mimpi buruk. Dalam mimpi tersebut, saya melakukan seks dengan orang lain. Sudah beberapa kali   saya mengalami mimpi seperti ini dan, hal ini membuat saya merasa tidak enak.  Apakah yang terjadi dengan diri saya? Kenapa saya dapat mengalami mimpi seks yang membuat saya menjadi tidak nyaman seperti ini?

(Indah, 18, Makassar)

JAWAB :

Indah yang baik,

Mimpi adalah aktivitas otak yang wajar. Beberapa orang mengatakan mimpi adalah bunga tidur. Sebagian lagi percaya mimpi mempunyai makna dalam kehidupan orang tersebut.

Sigmund Freud, bapak Psikoanalisis bahkan membuat buku khusus yang berjudul "The Interpretation of Dream" karena beliau mengatakan bahwa mimpi adalah suatu bagian dari aktifitas otak nir sadar (bawah sadar) yang mengandung makna dalam kehidupan sadar orang tersebut sehari-hari.

Mimpi melakukan hubungan seks dengan orang lain bisa mempunyai arti macam-macam, namun karena saya bukanlah ahli tafsir mimpi maka saya tidak bisa menjelaskan apa-apa. Bisa saja hal tersebut bukan berarti apa-apa atau bisa saja merupakan "keinginan terpendam" yang dikategorikan sebagai insting dasar (ID) yang menurut teori psikonalisis adalah bagian dari pikiran-pikiran manusia yang primitif yang kadang tidak bisa mendapatkan penempatan dalam kondisi sadar dan biasanya akan keluar dalam bentuk nir-sadar termasuk keluar sebagai mimpi.

Mungkin karena hal tersebut maka pikiran-pikiran yang kurang nyaman atau bersifat sesuatu yang memalukan ketika berhubungan dengan realitas akan berubah menjadi bentuk keinginan dasar yang keluar sebagai mimpi. Semoga membantu memahami.

Salam Sehat Jiwa
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com