Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Berenergi Bikin Gigi Rapuh

Kompas.com - 05/05/2012, 17:56 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang berpikir bahwa minuman berenergi memiliki banyak manfaat kesehatan dibandingkan minuman bersoda. Namun meski membantu tubuh tetap bugar, jenis minuman ini ternyata berbahaya untuk gigi. Menurut laporan terbaru yang diterbitkan dalam jurnal General Denstistry, banyak mengonsumsi minuman ini sama dengan membiarkan gigi "mandi asam".

"Banyak pasien yang terkejut mengetahui bahwa gigi bisa rusak karena minuman ini," tukas Poonam Jain, BDS, MS, MPH, salah satu peneliti kasus ini. Mereka mengungkapkan bahwa minuman berenergi bisa menyebabkan kerusakan gigi dua kali lebih banyak pada gigi.

Penelitian mengungkapkan, hanya dalam lima hari setelah terus-menerus terpapar minuman ini, tingkat keasaman minuman ini akan mengikis email gigi. Email gigi yang terkikis lama-kelamaan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi. Padahal tanpa perlindungan dari email gigi, gigi bisa menjadi lebih sensitif dan lebih mudah berlubang, serta lebih rentan terhadap kerusakan gigi lainnya.

"Masalah ini umumnya dialami oleh remaja, dan mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan mereka minum minuman berenergi merupakan sumber kerusakan gigi mereka," ungkap Jennifer Bone, DDS, Magd, juru bicara Academy of General Dentistry (AGD).

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, sekitar 50 persen remaja mengonsumsi setidaknya satu minuman berenergi dalam sehari, dan lebih dari 60 persen remaja secara teratur mengonsumsinya. Melalui penelitian ini, para peneliti berharap untuk bisa mendidik orangtua dan remaja tentang risiko kedua jenis minuman ini. Minuman energi merupakan sumber tersembunyi dari gula dan bisa menyebabkan serangan obesitas, diabetes, dan jantung. Selain gula, minuman energi juga mengandung kadar kafein yang tinggi.

Jika mengalami kesulitan untuk mengurangi minuman ini, Bone merekomendasikan untuk segera membilas mulut dengan air atau mengunyah permen karet bebas gula sesudah meminumnya. "Peningkatan aliran air liur akan membantu mengembalikan tingkat keasaman mulut dalam batas normal," tukasnya.

Ia juga merekomendasikan untuk tidak langsung menyikat gigi setelah minum minuman berenergi. Menyikat gigi setelah minum sport drinks justru bisa menyebarkan asam ke seluruh permukaan gigi, dan meningkatkan pengikisan email gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com