Kompas.com - 18/07/2012, 19:09 WIB
Penulis Adi Sucipto
|
EditorMarcus Suprihadi

GRESIK, KOMPAS.com- Selama Ramadhan, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Gresik, Jawa Timur, membuka donor darah pada malam hari. Donor darah malam hari dibuka mulai 27 Juli nanti.

Kepala Unit Donor Darah PMI Gresik Jufrita Endryana, Rabu (18/7/2012), menyatakan, donor darah malam hari digelar di bunderan Gresik Kota Baru dan Alun-alun Gresik.

Di bunderan GKB dibuka tenda, di alun-alun dioperasikan bus donor yang dilengkapi empat tempat tidur untuk melayani pendonor. "Tahun lalu kami per hari bisa menerima 30 sampai 50 kantong darah. Sebanyak 50 persen pendonor baru," kata Jufrita.

Ketua PMI Gresik M Najib menambahkan, jumlah darah di Unit Transfusi Darah Gresik saat ini mencapai 1.400 kantong darah. Dengan tambahan darah saat donor darah selama puasa diharapkan persediaan darah mencukupi untuk kebutuhan saat Lebaran Idul Fitri.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim meminta pengurus PMI Gresik 2012-2017 juga mendata dan mensurvei kekeringan yang melanda 13 kecamatan di Gresik. Hasil pendataan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gresik.

"Ini untuk antisipasi bencana, agar kekeringan tidak terlalu berdampak pada kehidupan masyarakat," ujar Qosim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.