Kompas.com - 05/09/2012, 08:52 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : Prof, saya pria berusia 31 tahun dan istri saya 29 tahun. Kami telah menikah selama 9 tahun dan sama-sama bekerja. Yang ingin saya konsultasikan adalah sudah 7 bulan ini saya dan istri apabila sedang berhubungan menggunakan fantasi. Atas kesepakatan berdua, kami melakukan fantasi dengan seorang pria (jadi seperti kegiatan threesome). Kami pun juga jadi sangat menyukainya. Yang menjadi masalah adalah kami berusaha berhenti, tetapi sangat susah. Apalagi pria fantasi tersebut adalah teman kantor istri saya. Kendala bagi saya adalah saya menjadi lebih bergairah jika berfantasi dan, bagi istri, katanya muncul di mimpi bahkan pernah sampai mimpi basah. Apakah ini masih normal, Prof? Dan, bagaimanakah caranya supaya kami benar-benar bisa berhenti? Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

(Dave, 31, Bandung)

 
JAWAB :

Dalam hal perilaku seksual, tentu saja perilaku seksual yang menyenangkan cenderung akan dilakukan lagi. Sebaliknya, perilaku seksual yang tidak menyenangkan cenderung tidak dilakukan lagi, bahkan dihindari. Jadi, kalau Anda dan istri menyenangi bahkan sangat menikmati hubungan seksual dengan melibatkan orang ketiga, wajar kalau Anda dan istri ingin terus melakukan.

Lebih jauh lagi, bahkan Anda dan istri sudah mengalami ketergantungan dengan perilaku seksual seperti itu. Tetapi tentu saja, keterlibatan orang ketiga, meski dalam fantasi, bukan tidak mungkin akan mengundang masalah di suatu hari nanti. Masalah mungkin saja muncul yang berkaitan dengan penularan penyakit melalui hubungan seksual sampai keterlibatan perasaan istri Anda terhadap pria itu.

Kalau sampai ini terjadi, tentu akibat lebih buruk akan terjadi. Untuk menghentikan (fantasi) hubungan seksual bertiga itu, tidak ada cara lain selain hanya dengan kemauan kuat bersama. Jadi, harus punya kemauan kuat untuk tidak melakukan lagi. Tanpa kemauan kuat jangan harap perilaku seksual itu berhenti. Yang penting, jangan menunggu sampai terjadi akibat buruk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.