Kompas.com - 16/10/2012, 09:26 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Anda sering merasa gampang lelah? Banyak orang juga merasakannya. Kekurangan energi sebenarnya merupakan tanda aktivitas fisik yang berlebihan, tapi kebalikannya justru banyak orang yang tidak melakukan apa-apa tapi merasa energinya terkuras.

Penyebab kelelahan kronik memang beragam, mulai dari faktor medis seperti anemia atau gangguan tiroid sampai karena penyebab sederhana seperti gaya hidup kurang sehat.

Bila Anda sering mengalami kelelahan, jangan buru-buru menyimpulkan disebabkan karena penyakit sebelum melakukan tiga hal berikut ini yang bisa membuat "baterai" tubuh terisi penuh kembali:

1. Apa yang dimakan

Hindari konsumsi kafein atau makanan mengandung gula untuk meningkatkan energi karena justru membuat Anda lebih lelah akibat fluktuasi gula darah. Sebaiknya pilih makanan sehat dan seimbang. Pola makan yang sehat juga berarti berat badan lebih terkontrol karena kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab kelelahan.

2. Tidur cukup

Hindari tidur larut malam karena akan menyebabkan tubuh terasa lemas sepanjang hari.

3. Olahraga

Banyak yang malas berolahraga karena khawatir kecapekan. Faktanya, olahraga justru meningkatkan level energi. Penelitian juga menunjukkan bukti serupa, orang yang jarak bergerak terbukti merasa lebih bugar dan berenergi setelah rutin berolahraga. Lakukan mulai sekarang dan rasakan perbedaannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.