Kompas.com - 24/10/2012, 17:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Terkilir atau awam kerap menyebutnya keseleo biasanya diawali oleh bunyi "kletek" yang diikuti kesulitan menggerakkan persendian. Para atlet atau mereka yang sering berolahraga beresiko tinggi mengalami sendi terkilir.

Terkilir terjadi ketika melakukan gerakan berputar atau peregangan terlalu kuat sehingga sendi bergerak melampaui batas kisarannya yang wajar sehingga merobek ligamen yang menempel pada tulang.

Indikasi terkilir meliputi adanya nyeri dan nyeri tekan di bagian yang terkilir, pembengkakan terjadi dengan cepat, serta terganggunya fungsi sendi.

Menurut Dr.Andri M.T Lubis, spesialis ortopedi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, standar perawatan untuk terkilir ringan bisa dengan mengikuti petunjuk RICE (rest, ice, compression, dan elevation).

Pada intinya pasien harus beristirahat untuk mempercepat penyembuhan, menggunakan kompres es untuk mencegah pembengkakan lebih lanjut. Selain itu gunakan perban atau penopang supaya bagian tubuh yang terkena tidak bergerak, serta elevasi atau meninggikan bagian yang bengkak lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Segera ke dokter jika persendian yang sulit digerakkan tidak juga membaik dalam dua sampai tiga hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.