Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 37 Warga Kampung Pulo yang Mengungsi

Kompas.com - 19/11/2012, 11:40 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.956 jiwa yang bermukim di 33 RT dan 6 RW di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin, mendapat banjir kiriman. Namun hanya 37 warga yang mau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Dari 2.956 warga korban banjir, yang mengungsi ada 11 Kepala Keluarga 37 jiwa. Mereka mengungsi di Masjid Attawabin RT 12," ujar Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu kepada Kompas.com di lokasi, Senin (19/11/2012) pagi.

Warga yang mengungsi merupakan warga yang rumahnya berada persis di tepi Kali Ciliwung. Meski demikian, kebanyakan warga menganggap banjir tersebut dalam kondisi yang wajar. Oleh sebab itu, kebanyakan warga tetap bertahan di lantai dua rumah masing-masing.

Bambang melanjutkan, hingga kini pihaknya telah mendapat laporan lengkap kondisi korban banjir. Untuk kondisi kesehatan, belum ada satu pun warga yang mengadukan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, belum ada rekomendasi ke posko banjir untuk mengirimkan obat-obatan.

"Sementara ini, belum ada yang mengeluh sakit. Tapi kami masih terus memantau. Karena kalau menurut warga, ini masih belum parah. Beda waktu tahun 2009," lanjut Bambang.

Hingga pukul 10.50 WIB, banjir akibat luapan Kali Ciliwung tersebut masih merendam rumah warga dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 30 centimeter.

Meski demikian, kondisi ketinggian air perlahan-lahan mulai surut. Warga yang air di rumahnya surut pun langsung membersihkan sisa-sisa lumpur di lantai mereka.

Rencananya, Palang Merah Indonesia dan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur akan memberikan bantuan nasi bungkus sebanyak 1.200 bungkus masing-masing untuk siang dan malam hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com