Kompas.com - 27/11/2012, 19:00 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Peneliti di California, Amerika Serikat, mengklaim telah menemukan keterkaitan antara autisme dan polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan di jalan raya.

Kajian yang dilakukan terhadap 500 anak di California menyebutkan bahwa mereka yang terpapar polusi berat mempunyai peluang tiga kali lebih besar untuk memiliki autisme dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal di daerah dengan udara lebih bersih.

Meski demikian, peneliti lain mengatakan, kesimpulan yang menyebutkan polusi sebagai penyebab autisme belumlah cukup menyakinkan.

Temuan para peneliti di California ini sebelumnya telah ditampilkan dalam jurnal the Archives of General Psychiatry.

Para peneliti mengunakan data dari Badan Perlindungan Lingkungan AS, EPA, untuk melihat tingkatan polusi yang ada di California.

Data yang mereka dapatkan ini kemudian digunakan untuk melihat dan membandingkan paparan polusi saat anak-anak yang menjadi obyek penelitian berada di dalam kandungan dan saat mereka berusia satu tahun.

Anak-anak yang menjadi obyek penelitian ini terdiri dari 279 orang dengan autisme dan 245 orang tidak mengalam autisme.

Para peneliti dari Universitas 0f Southern California ini sebelumnya juga pernah melakukan kajian tentang keterkaitan antara kemunculan autisme pada mereka yang tinggal di dekat jalan raya besar.

Hasil diragukan

Mereka mengingatkan bahwa tinggal dekat dengan sumber polusi memiliki implikasi yang besar karena polusi udara dikenal secara luas memberikan dampak yang lama terhadap sistem saraf manusia.

Namun, kajian itu mendapat kritik dari Uta Frith yang merupakan profesor di Universitas College London.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.