Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2012, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Anak di usia berapa pun sebaiknya tidak memakai high heels. Jika anak meminta pakai high heels sesuai ukuran kakinya, karena mencontoh gaya berpenampilan orang dewasa, Anda bisa menolaknya dengan memberikan pengertian, demi kebaikan si kecil.

"Jangan pakai sepatu model dewasa pada anak. Tak ada batas aman usia anak pakai sepatu model dewasa seperti high heels," tegas Dr dr Lukman Shebubakar, SpOT dalam talkshow tumbuh kembang bayi diadakan Tabloid Nakita dan Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta, Sabtu (8/12/2012).

Dr Lukman menyarankan pakaikan alas kaki yang nyaman dan empuk untuk anak. Dengan begitu anak bisa berlatih fisik dengan kakinya. Alas kaki dewasa, termasuk high heels tak memenuhi kebutuhan ini.

Ia menjelaskan, saat memakai high heels, berat badan terkonsentrasi di ibu jari. Tekanan bertumpu pada lutut. Hal ini bisa menimbulkan kelainan pada kaki. Jalan berjinjit juga menimbulkan tekanan pada punggung sehingga membuat badan cenderung membungkuk.

Penelitian menyebutkan, kebiasaan memakai high heels selama 40 jam seminggu dalam dua tahun bisa menyebabkan kelainan pada kaki. Dampak lainnya, seseorang yang terlalu sering pakai high heels akan mengalami kesulitan saat jongkok. Berbagai masalah ini bisa dialami tak hanya pada orang dewasa, juga pada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com