Kompas.com - 21/12/2012, 14:36 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kini pengguna telepon genggam dapat mengukur detak jantung dan tekanan darah mereka hanya dengan satu sentuhan. Perusahaan teknologi yang berbasis di Singapura, Zensorium, merancang instrumen bernama Tinke yang kompatibel dengan iPhone atau iPad.

Menggunakan teknologi deteksi optik, Tinke mengukur perubahan volume darah di tubuh. Hal itu memungkinkan instrumen itu mengetahui detak jantung, tingkat pernafasan dan level oksigen hanya dengan meletakkan ibu jari di sensor merah dan infrared.

Zensorium telah membuat piranti lunak mereka sendiri agar hasil pengukuran dan angka rata-rata kesehatan pengguna akan tampak di layar telepon genggam.

Instrumen itu juga memiliki indeks terpisah untuk memberitahu pengguna tingkat stress mereka kapan saja berdasarkan detak jantung.

Perusahaan itu mengatakan Tinke bukanlah alat medis atau diagnosa tetapi lebih pada 'motivator' bagi mereka yang memiliki tujuan kesehatan tertentu dan meningkatkan kesehatan mereka.

Visit Thaveeprungsriporn, presiden direktur perusahaan, mengatakan banyak negara memiliki masyarakat usia lanjut dan fasilitas kesehatan akan semakin terbatas dalam beberapa tahun mendatang.

"Kami berharap hal itu akan mudah, sederhana dan kami dapat mengubah perilaku konsumen."

Namun angel investor dan mentor bagi perusahaan-perusahaan pemula, Kristav Childress, mengatakan produk semacam ini memerlukan validasi sebelum konsumen bersedia membelinya.

"Saya ingin melihat video, testimoni, dan nilai sesungguhnya dari produk ini, serta tombol 'cobalah sendiri agar anda dapat melakukan percobaan,' kata dia.

Sementara itu Zensorium mengatakan mereka sedang mengerjakan produk lanjutan yaitu alat analisis urine.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.