Kompas.com - 31/12/2012, 11:17 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Jika usia Anda sudah lebih dari 40 tahun, wajar jika Anda mulai merasa sering lupa. Contohnya, ketika memasuki suatu ruangan, tak jarang Anda lupa akan melakukan sesuatu. Atau pada suatu saat, Anda juga lupa memenuhi sebuah janji dengan seseorang.

Lupa akan sesuatu hal yang kecil sebaiknya tak perlu Anda takutkan. Hal ini bisa saja sering terjadi karena stres ataupun terlalu banyak bekerja. Namun sering lupa juga dapat menjadi sesuatu yang menganggu, terlebih jika keadaannya bertambah buruk.

Itulah yang membuat Anda harus terus berupaya membuat otak tetap aktif. Kegiatan seperti mengisi teka-teki silang atau membaca buku dipercaya dapat membuat kemampuan otak tetap baik. Namun sebuah studi baru menyatakan bahwa ada sesuatu yang lebih baik selain melatih "otot" otak.

Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, para peneliti dari pusat pengembangan pengobatan demensia tingkat lanjut di Jepang menemukan bahwa orang dengan aktivitas fisik yang lebih aktif selama siang hari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami penyusutan otak pada bagian frontal lobe. Frontal lobe memiliki peran penting dalam penyelesaian masalah, kepribadian, daya analisa, dan daya ingat. Sehingga penting disini untuk melakukan olahraga fisik sebaik Anda melakukan olahraga otak.

Selain berolahraga rutin, inilah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menambah jumlah porsi aktivitas fisik Anda:

1. Usahakan selalu gunakan tangga. Meskipun nyaman menggunakan elevator, namun hal ini membuat berkurang aktivitas fisik yang dapat memacu tubuh mengalirkan darah lebih banyak ke otak.

2. Parkir kendaraan Anda sejauh yang Anda bisa. Sebagian dari kita memiliki kebiasaan untuk parkir di tempat yang paling dekat ketika mengunjungi kantor ataupun pusat perbelanjaan. Mulai sekarang ubah kebiasaan ini agar dapat menambah aktivitas fisik Anda dengan berjalan lebih jauh.

3. Rencanakan untuk menjadi lebih aktif. Jalan-jalan sore sambil mengobrol bersama teman bisa jadi pilihan karena terbukti dengan adanya teman dalam berolahraga, Anda akan lebih termotivasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.